peranan marbola terhadap kesejahteraan masyarakat petani kebun karet di desa tanjung sialang kec. siabu, kabupaten mandailing natal

Lubis, Suaib (2024) peranan marbola terhadap kesejahteraan masyarakat petani kebun karet di desa tanjung sialang kec. siabu, kabupaten mandailing natal. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar isi)
Suaib Lubis 1713060306 cover - daftar isi .pdf - Published Version

Download (992kB)
[img] Text (BAB I)
Suaib Lubis 1713060306 - BAB I .pdf - Published Version

Download (689kB)
[img] Text (BAB III)
Suaib Lubis 1713060306 - BAB III.pdf - Published Version

Download (569kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
Suaib Lubis 1713060306 - BAB V - DAPUS .pdf - Published Version

Download (571kB)
[img] Text (Full text)
Suaib Lubis 1713060306 - Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peranan Marbola (Bagi Hasil) Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Petani Kebun Karet Di Desa Tanjung sialang Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing”, ditulis oleh Suaib Lubis NIM 1713060306 Program studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Tingkat kesejahteraan keluarga petani itu sendiri pun dilihat dari seberapa besar pendapatan dan pengeluaran yang didapat serta dikelola agar dapat terjamin kesejahteraan keluarganya, mengingat pendapatan yang diterima sebagai petani karet tidak selalu tetap dikarenakan harga karet yang juga turun naik. Hal inilah yang menjadi kendala utama, dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Harga jual karet itu sendiri diperkirakan Rp.700.000,- per minggu, itu semua belum termasuk upah atau hasil yang akan dibagi ke petani karet. Bisa dibayangkan berapa hasil yang diterima oleh petani karet yang tidak memiliki kebun atau menggarap kebun milik orang lain. Hal ini belum termasuk dengan harga karet yang tidak selalu tetap, mengingat tanaman ini sangat bergantung pada musim. Selain itu juga persaingan kualitas, harga, ekspor karet mentah keluar negeri juga menjadi faktor utama tidak stabilnya harga karet. Tujuan penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui peranan sistem marbola terhadap kesejahteraan masyarakat petani kebun karet di Desa Tanjung Sialang Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang petani kebun karet di Desa Tanjung Sialang Kecamatan Siabu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem marbola petani kebun karet di Desa Tanjung Sialang berperan signifikan terhadap kesejahteraan petani, hal ini di lihat dengan menggunakan indikator-indikator kesejahteraan seperti pendapatan, kesehatan, kondidi tempat tinggal, pendidikan, keamanan pangan dan partisispasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Bagi Hasil Marbola, Kesejahteraan, Ekonomi
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
S Agriculture > S Agriculture (General)
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Strata Sosial dalam Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:39
Last Modified: 06 Sep 2024 08:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23357

Actions (login required)

View Item View Item