Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berinfaq dan Sedekah menggunakan Platform Crowdfunding di Kota Padang.

Putra, Rio ade (2024) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berinfaq dan Sedekah menggunakan Platform Crowdfunding di Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER - DAFTAR ISI (DONE).pdf - Published Version

Download (974kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I (DONE).pdf - Published Version

Download (616kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (DONE).pdf - Published Version

Download (547kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA (DONE).pdf - Published Version

Download (429kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FINAL SKRIPSI RIO (DONE).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan komunikasi saat ini membawa banyak perubahan, salah satunya pada sistem pengumpulan dana amal. Platform crowdfunding menjadi sebuah inovasi dalam pengumpulan infaq dan sedekah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital. Penggunaan internet yang berkembang pesat secara global juga mendukung pergeseran dari metode pengumpulan dana konvensional ke digital. Platform crowdfunding hadir dengan menawarkan kemudahan dan aksesibilitas yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja oleh berbagai kalangan masyarakat, termasuk di Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kepercayaan, kemudahan penggunaan, dan manfaat yang dirasakan terhadap minat berinfaq dan bersedekah melalui platform crowdfunding di Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SEM-PLS menggunakan aplikasi SmartPLS 3. Sampel yang digunakan berjumlah 96 responden yang diambil menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan (X1) dengan tstatistic 3,255 (p-value 0,043), kemudahan penggunaan (X2) dengan t-statistic 2,025 (p-value 0,043), dan manfaat yang dirasakan (X3) dengan t-statistic 2,033 (p-value 0,001) semuanya berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinfaq dan bersedekah melalui platform crowdfunding. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi pemasaran dan peningkatan penggunaan platform crowdfunding untuk tujuan amal di Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Crowdfunding, Infaq, Sedekah, Kepercayaan, Kemudahan, Manfaat, SEM-PLS, SmartPLS.
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 05 Sep 2024 08:37
Last Modified: 05 Sep 2024 08:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23338

Actions (login required)

View Item View Item