Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Solok

Oktavia, Keni (2024) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
cover.pdf - Published Version

Download (799kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Judul Skripsi ini adalah "Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Solok”. disusun oleh Keni Oktavia NIM. 2014090088. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Latar belakang dari penelitian ini adalah pendidik masih kesulitan dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Oleh karena itu maka tujuan penelitian ini adalah (1) penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Solok (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Solok (3) untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Solok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data Primer yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran IPS, peserta didik SMP Negeri 1 Solok, dan data Sekunder yaitu dokumen-dokumen yang terkait dengan fokus penelitian. alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Satu, perencanaan pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Solok telah direncanakan dengan perencanaan yaitu pendidik menyusun modul ajar. Kedua, pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Solok sudah dilaksanakan dengan langkah-langkah pembelajaran berdiferensiasi tetapi dalam pelaksanaannya masih belum optimal karena dalam pelaksanaan pembelajaran pendidik masih kesulitan mencari media dan metode pembelajaran yang beragam agar cocok untuk berbagai jenis tipe belajar peserta didik. Ketiga, terdapat kendala yang dialami pendidik dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Solok diantaranya yaitu keterbatasan waktu dalam pembelajaran sehingga pendidik tidak cukup waktu untuk fokus pada setiap peserta didik secara individual, kesulitan menyesuaikan kebutuhan belajar siswa secara individual, kesulitan mencari media pembelajaran yang cocok untuk peserta didik yang memiliki tipe belajar yang beragam. Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Mata Pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 05 Sep 2024 08:39
Last Modified: 05 Sep 2024 08:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23337

Actions (login required)

View Item View Item