Pengaruh Ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi di SMP Negeri Sungai Penuh)

Saflidarti, Deni (2024) Pengaruh Ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi di SMP Negeri Sungai Penuh). Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover- Daftar Isi)
Deni Saflidarti. NIM. 2220010026. Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (744kB)
[img] Text (BAB I)
Deni Saflidarti. NIM. 2220010026. BAB I.pdf - Published Version

Download (601kB)
[img] Text (BAB III)
Deni Saflidarti. NIM. 2220010026. BAB III.pdf - Published Version

Download (573kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
Deni Saflidarti. NIM. 2220010026. BAB V-daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text (Full Text)
Deni Saflidarti. NIM. 2220010026. full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan hasil belajar peserta didik salah satunya dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajaran. Oleh karena itu hasil belajar akan didapat dengan baik apabila didukung oleh kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) dan motivasi dalam belajar. karena ekstrakurikuler Rohis merupakan pengembangan dari kurikulum sebagai pelajaran tambahan bagi peserta didik, sedangkan motivasi sebagai daya dorong peserta didik untuk belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mendeskripsikan ekstrakurikuler rohani Islam (Rohis) di SMP Negeri Sungai Penuh. (2) mendeskripsikan motivasi belajar di SMP Negeri Sungai Penuh. (3) ) mendeskripsikan hasil belajar PAI di SMP Negeri Sungai Penuh. (4) memaparkan pengaruh ekstrakurikuler rohani Islam (Rohis) dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri Sungai Penuh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif ex post facto, dengan analisis regresi. Populasinya yaitu seluruh peserta didik di SMP Negeri Sungai Penuh yang berjumlah 2201 peserta didik, teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling, maka diperoleh sampel sebanyak 301 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner atau angket. Hasil penelitian mengungkapkan, bahwa ekstrakurikuler Rohis berkategori sangat tinggi dengan persentase 93.55%, motivasi belajar memiliki kategori sangat tinggi dengan persentase 93.16%, sedangkan hasil belajar berada pada kategori baik dengan persentase 84.15%. pengaruh ekstrakurikuler Rohis dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI sebesar 32.4%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh ekstrakurikuler Rohis dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Rohis, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 03 Sep 2024 04:23
Last Modified: 03 Sep 2024 04:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23336

Actions (login required)

View Item View Item