Penerapan Model Pembelajaran REACT Dengan Strategi Hands-On Activity Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTsN 3 Lima Puluh Kota

Sukraini, Azizah (2024) Penerapan Model Pembelajaran REACT Dengan Strategi Hands-On Activity Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTsN 3 Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (748kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I REPOSITORY AZ WM.pdf - Published Version

Download (693kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III REPOSITORY AZ.pdf - Published Version

Download (704kB)
[img] Text (BAB V-DAPUS)
BAB V-DAPUS REPOSITORY AZ.pdf - Published Version

Download (482kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT AZIZAH SUKRAINI)
SKRIPSI AZIZAH WM FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran REACT dengan strategi Hands-On Activity dan yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori di MTsN 3 Lima Puluh Kota.Jenis penelitian adalah quasy experiment dengan rancangan randomized control group only design. Populasinya adalah semua peserta didik kelas VIII MTsN 3 Lima Puluh Kota tahun ajaran 2024/2025, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dan sampel yang terpilih adalah kelas VIII.F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.I sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Teknik analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan Uji-t.Berdasarkan hasil tes, diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen 75,32 dan kelas kontrol 66,45. Dilihat dari presentase ketuntasan kelas eksperimen sebesar 64,52% lebih tinggi dari persentase kelas kontrol sebesar 45,16%. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji-t, pada selang kepercayaan 95% diperoleh t_hitung (2,26)>t_tabel (1,67) maka keputusannya H_0 ditolak dan H_1 diterima, artinya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diajar dengan model REACT dengan strategi Hands-On Activity lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model Ekspositori. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model REACT dengan strategi Hands-On Activity dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran REACT, Strategi Hands-On Activity, Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 05 Sep 2024 08:13
Last Modified: 05 Sep 2024 08:13
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23299

Actions (login required)

View Item View Item