Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 14 Padang Tahun Ajaran 2017/2018

Lasmi Anggraini, Lasmi (2018) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 14 Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN, ABSTRAK)
1.cover, persetujuan, abstrak.pdf - Published Version

Download (913kB)
[img] Text (BAB 1)
2. BAB I Done.pdf - Published Version

Download (558kB)
[img] Text (BAB 2)
3. BAB II Done.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text (BAB 3)
4.BAB III Done.pdf - Accepted Version

Download (819kB)
[img] Text (BAB 4)
5. BAB IV Done.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img] Text (BAB 5)
6. BAB V Done.pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text (SKRIPSI GABUNGAN)
8. FULL SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Lasmi Anggraini : Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 14 Padang Tahun Ajaran 2017/2018 NIM. 1314040731 Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dan kurangnya tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 14 Padang Tahun Ajaran 2017/2018, ini terlihat dari kurangnya ketekunan siswa ketika proses pembelajaran matematika berlangsung yang secara tidak langsung berdampak pada rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hal ini dilihat dari persentase ketuntasan ujian tengah semester I matematika siswa kelas VIII SMPN 14 Padang yang sebagian besar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 76. Salah satu penyebab rendahnya motivasi dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yaitu proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru yang belum dapat mengaktifkan siswa untuk belajar dan siswa belum mampu menghubungkan materi yang dipelajari kedalam konteks kehidupan sehari-hari. Usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Mengetahui motivasi belajar siswa kelas VIII SMPN 14 Padang tahun ajaran 2017/2018 dalam pembelajaran matematika yang diajar dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). 2)Mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 14 Padang tahun ajaran 2017/2018 yang diajar dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 14 Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga terpilih kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen dan VIII-4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)motivasi belajar siswa yang di ajar dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dianalisis dengan menghitung rata-rata skor yang diperoleh siswa pada aspek-aspek motivasi belajar yang diamati dengan hasil rata-rata skor sebesar 3,56 yang dikategorikan cukup dengan derajat pencapaian sebesar 71,22% serta 2)kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning lebih tinggi dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Terlihat dari perolehan rata-rata nilai tes kelas eksperimen 79,19 dan rata-rata nilai tes kelas kontrol 71,66. Persentase ketuntasan belajar siswa kelas eksperimen adalah 61,29%, sedangkan pada kelas kontrol 40,63%. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung >ttabel (2,041>1,645) dengan αi=i0,05 pada selang kepercayaan 95%, maka keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:36
Last Modified: 22 Nov 2018 02:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2328

Actions (login required)

View Item View Item