ANALISIS IMPLEMENTASI GREEN BANKING PADA BANK MUAMALAT INDONESIA DALAM SINERGI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI KOTA PADANG

Fadliansyah, Rido (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI GREEN BANKING PADA BANK MUAMALAT INDONESIA DALAM SINERGI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI KOTA PADANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Rido Fadliansyah 2016050041 Cover-Daftar isi.pdf - Published Version

Download (950kB)
[img] Text (BAB I)
Rido Fadliansyah 2016050041 BAB I.pdf - Published Version

Download (364kB)
[img] Text (BAB III)
Rido Fadliansyah 2016050041 BAB III.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (BAB V-PUSTAKA)
Rido Fadliansyah 2016050041 BAB V-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Rido Fadliansyah 2016050041 Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Sejauh mana implementasi green banking di Bank Muamalat Indonesia KCU Padang mendukung pembangunan berkelanjutan di Kota Padang. 2) Apa saja tantangan dan hambatan yang dihadapi Bank Muamalat Indonesia KCU Padang dalam penerapan green banking. 3) Dampak green banking pada Bank Muamalat Indonesia dalam mendukung pembangunan berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan metode field research melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Indikator yang digunakan pada green banking yaitu green product, green operational, green consumer, dan green policy. Untuk indikator pembangunan berkelanjutan terdiri dari aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial. Dan peneliti menggunakan software NVIVO 14 untuk menganalisis lanjutan dari data yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi green banking Bank Muamalat Indonesia KCU padang sudah berjalan dengan baik dan optimal, sesuai dengan indikator yang peneliti gunakan menunjukan sudah diterapkan dengan baik dan optimal. Walaupun terdapat tantangan pada green product yaitu jaringan digital dan pada green consumer terkait pemahaman nasabah terhadap teknologi, serta adanya hambatan pada green operational yaitu sistem perbankan sedang gangguan jaringan, serta dengan adanya penelitian ini Bank Muamalat tidak terindikasi Greenwashing. Sinergi pembangunan berkelanjutan Kota Padang dominan pada aspek sosial berdasarkan laporan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan hasil akhir penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan green banking berdampak terhadap pembangunan berkelanjutan khususnya di Kota Padang, walaupun belum ada kerja sama terkait ini, namun dibuktikan dengan kesesuaian antara indikator green banking, pembangunan berkelanjutan perbankan syariah dengan beberapa program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dapat disimpulkan berdampak pada pembangunan berkelanjutan di Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Judul skripsi ini adalah “Analisis Implementasi Green Banking Pada Bank Muamalat Indonesia Dalam Sinergi Pembangunan Berkelanjutan Di Kota Padang”, disusun oleh Rido Fadliansyah, NIM 2016050041, Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Sejauh mana implementasi green banking di Bank Muamalat Indonesia KCU Padang mendukung pembangunan berkelanjutan di Kota Padang. 2) Apa saja tantangan dan hambatan yang dihadapi Bank Muamalat Indonesia KCU Padang dalam penerapan green banking. 3) Dampak green banking pada Bank Muamalat Indonesia dalam mendukung pembangunan berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan metode field research melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Indikator yang digunakan pada green banking yaitu green product, green operational, green consumer, dan green policy. Untuk indikator pembangunan berkelanjutan terdiri dari aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial. Dan peneliti menggunakan software NVIVO 14 untuk menganalisis lanjutan dari data yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi green banking Bank Muamalat Indonesia KCU padang sudah berjalan dengan baik dan optimal, sesuai dengan indikator yang peneliti gunakan menunjukan sudah diterapkan dengan baik dan optimal. Walaupun terdapat tantangan pada green product yaitu jaringan digital dan pada green consumer terkait pemahaman nasabah terhadap teknologi, serta adanya hambatan pada green operational yaitu sistem perbankan sedang gangguan jaringan, serta dengan adanya penelitian ini Bank Muamalat tidak terindikasi Greenwashing. Sinergi pembangunan berkelanjutan Kota Padang dominan pada aspek sosial berdasarkan laporan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan hasil akhir penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan green banking berdampak terhadap pembangunan berkelanjutan khususnya di Kota Padang, walaupun belum ada kerja sama terkait ini, namun dibuktikan dengan kesesuaian antara indikator green banking, pembangunan berkelanjutan perbankan syariah dengan beberapa program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dapat disimpulkan berdampak pada pembangunan berkelanjutan di Kota Padang. Kata Kunci : Green Banking, Pembangunan Berkelanjutan
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 09 Sep 2024 06:46
Last Modified: 09 Sep 2024 06:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23277

Actions (login required)

View Item View Item