Penggerakan Pengurus Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Guru/Karyawan Depdikbud Di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang

Dianto, Rian (2024) Penggerakan Pengurus Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Guru/Karyawan Depdikbud Di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
RIAN DIANTO. NIM 1912030041 COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
RIAN DIANTO. NIM 1912030041 BAB 1.pdf - Published Version

Download (571kB)
[img] Text (BAB III)
RIAN DIANTO. NIM 1912030041 BAB III.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (BAB V)
RIAN DIANTO. NIM 1912030041 BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (FULLTEXT)
RIAN DIANTO. NIM 1912030041-FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penggerakan Pengurus Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Guru / Karyawan Depdikbud Di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang” disusun oleh Rian Dianto NIM 1912030041 Program Studi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Latar belakang penelitian ini adalah koperasi memerlukan penggerakan dari ketua / pengurus koperasi yang sesuai dengan fungsi manajemen pengembangan koperasi. Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) yang beroperasi dikalangan guru dan karyawan di depdikbud, kecamatan lubuk begalung, kota padang menjadi entitas ekonomi yang memberikan kontribusi penting, akan tetapi koperasi ini terdapat kendala atau permasalahan seperti permasalahan terkait tingkat kerjasama, kolaborasi antar anggota koperasi serta tingkat kerjasama yang rendah. hal ini dapat menjadi hambatan dalam mencapai tujuan koperasi, sehingga sangat diperlukan peran pengurus atau pergerakkan dari pengurus Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Motivasi, Bimbingan, Koordinasi dan Komunikasi ketua koperasi terhadap pengurus di koperasi KPRI Guru/Karyawan Depdikbud Di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini, data diperoleh dari ketua Koperasi KPRI Guru/ Karyawan Depdikbud Di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Hasil penelitian yang penulis lakukan di Koperasi KPRI Guru/ Karyawan Depdikbud Di Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang dapat di simpulkan bahwa, Motivasi yang dilakukan pengurus koperasi ialah dengan cara diskusi, memberikan reward dan transportasi, sehingga membuat karyawan menjadi semangat dan merubah karyawan menjadi lebih disiplin dan jujur. Adapun bimbingan yang diberikan oleh pengurus koperasi membawa perubahan langsung serta memberikan manfaat positif terhadap karyawannya seperti kepercayaan anggotanya makin meningkat dan tingkat kemacetannya rendah. Hasil koordinasi yang dilakukan pengurus kepada karyawan ialah dengan koordinasi kekeluargaan yaitu dengan melakukan pertemuan bulanan dan pertemuan akhir bulan, hal tersebut berdampak positif sehingga diterima dengan baik oleh semua karyawan. Selanjutnya komunikasi yaitu berjalan lancar dan komunikasi yang dilakukan pengurus koperasi bersifat kekeluargaan artinya tidak ada batasan antara bawahan dan atasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengurus KPRI, penggerakan,depdikbut
Subjects: U Umum (General) > Manajemen
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:23
Last Modified: 03 Sep 2024 03:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23274

Actions (login required)

View Item View Item