PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VIII MTsN 4 PADANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Kurniawan, Aldi (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VIII MTsN 4 PADANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
Aldi Kurniawan_1914090034_IPS_Cover Dll.pdf - Published Version

Download (801kB)
[img] Text (BAB I)
Aldi Kurniawan_1914090034_IPS_BAB I.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (BAB III)
Aldi Kurniawan_1914090034_IPS_BAB III.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (BAB V)
Aldi Kurniawan_1914090034_IPS_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Aldi Kurniawan_1914090034_IPS_Fulltext_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini disusun oleh Aldi Kurniawn Nim 1914090034, dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII MTsN 4 Padang Tahun Ajaran 2023/2024” Program Studi Tadris Ilmu Pengetahun Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, tahun 1446 H/ 2024 M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya penggunaan materi pembelajaran berupa bahan ajar lembar kerja peserta didik elektronik dalam proses belajar mengajar, serta kurang aktifnya peserta didik terhadap proses pembelajaran dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuam Sosial Kelas VIII MTsN 4 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Materi Kondisi Geografis Dan Pelestarian Sumber Daya Alam Kelas VIII MTsN 4 Padang Tahun Ajaran 2023/2024 Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 4 Padang terdiri dari 30 orang dari kelas kontrol dan 30 orang dari kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data yaitu berupa tes soal (pretest dan posttest). Hasil dari (pretest dan posttest) dianalisis mengunakan SPSS 25. Dari hasil penelitian diperoleh data pretest pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 58,33 dengan nilai tertinggi 80 tingkat persentase 23,3%, sedangkan nilai dari kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 57,83 dengan nilai tertinggi 80 tingkat persentasenya 26,6%. Dan data posttest pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 83,55% dengan nilai tertinggi 100 tingkat persentase 53,3%, sedangkan nilai postest dari kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 74,16% dengan nilai tertinggi 95 tingkat persentasenya 30%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik bisa menjadi salah satu cara atau solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII MTsN 4 Padang. Kata kunci : Keaktifan Belajar, Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik, Materi, dan Tujuan Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, LKPD, Mata Pelajaran, Ips
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 05 Sep 2024 08:05
Last Modified: 05 Sep 2024 08:05
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23270

Actions (login required)

View Item View Item