Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script dengan Media Gambar terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV MIN 1 Pasaman Barat

Putri, Elmia (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script dengan Media Gambar terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV MIN 1 Pasaman Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-daftar lampiran)
Cover - Daftar Lampiran Skripsi Mia.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 MIA.pdf - Published Version

Download (638kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 MIA.pdf - Published Version

Download (749kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 5 MIA.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (FULL TEKS)
FULL SKRIPSI ELMIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang dihadapi pendidik yang masih menggunakan model konvensional dan rendahnya keaktifan peserta didik pada pembelajaran IPAS. Solusi yang ditawarkan dalam mengatasi permasalahan ini dengan menerapkan model Cooperative Tipe Script terhadap keaktifan belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan keaktifan belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Tipe Script dengan tidak menggunakan model Cooperative Tipe Script di kelas IV MIN 1 Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest posttest Control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas IV MIN 1 Pasaman Barat dengan menggunakan teknik Porposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa lembar tertulis berupa objektif sebanyak 10 butir soal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunkaan t-test : Two-sampel assuming equal variances Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penggunaan model pembelajaran Cooperative Tipe Script memberikan hasil yang signifikan. Hasil uji-t yaitu nilai sig(2-tailed) 0,0209 sehingga nilai sig.< 0,05 dan nilai t-hitung 3,75 > t-tabel 1,67 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disempulkan model Cooperative Tipe Script berpengaruh terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas IV MIN 1 Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Tipe Script, Keaktifan Belajar Pesera Didik
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 05 Sep 2024 08:02
Last Modified: 05 Sep 2024 08:02
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23269

Actions (login required)

View Item View Item