Pemberdayaan Literasi Digital Masyarakat Melalui Ruang Komunitas Digital Desa dalam Mewujudkan Smart Village Economy di Nagari Tluk Kualo Kecamatan Airpura Kabupaten Pesisir Selatan

Indra, Indra (2024) Pemberdayaan Literasi Digital Masyarakat Melalui Ruang Komunitas Digital Desa dalam Mewujudkan Smart Village Economy di Nagari Tluk Kualo Kecamatan Airpura Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
INDRA_2220050006_COVER-DAFTAR_ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
INDRA_2220050006_BAB_I.pdf - Published Version

Download (631kB)
[img] Text (BAB III)
INDRA_2220050006_BAB_III.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
INDRA_2220050006_BAB_V-DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (627kB)
[img] Text (FULL TEXT)
INDRA_2220050006_FULL_TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indra 2220050006. Pemberdayaan Literasi Digital Masyarakat Melalui Ruang Komunitas Digital Desa dalam Mewujudkan Smart Village Economy di Nagari Tluk Kualo Kecamatan Airpura Kabupaten Pesisir Selatan. Program Strata dua (S2) Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, 2024. Pembangunan perkonomian masyarakat memiliki peran penting dalam mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera, sehingga memiliki daya saing dalam era globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui ruang komunitas digital desa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena penelitian ini lebih menekankan analisis terhadap suatu fenomena dan berorientasi untuk menjawab pertanyaan penelitian melalui cara berfikir formal dan argumentatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, analisis dilakukan dengan menggunakan teknik analisa Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk proses penganalisa data. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah pertama, keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan smart village economy yaitu adanya keterlibatan dan partisipasi yaitu dalam meningkatnya kemampuan bagi setiap orang yang terlibat disetiap program dan kebijakan pemerintah melalui pelibatan dan pengambilan keputusan untuk perencanaan pada kegiatan selanjutnya yang progresnya jangka panjang. Kedua, proses pemberdayaan literasi digital masyarakat melalui ruang komunitas digital desa dalam mewujudkan smart village economy di Nagari Tluk Kualo Kecamatan Airpura Kabupaten Pesisir Selatan sudah berjalan dengan baik. Mulai dari tahap penyadaran yang dilakukan melalui sosialisasi, pemberian motivasi, dan promosi mengenai program smart village economy, tahap pengkapasitasan yaitu dengan menambah pengetahuan dan keterampilan masyarakat melalui pelatihan memasarkan produk dengan menggunakan teknologi digital, dan tahap pendayaan sebagai penyaluran dari kegiatan yang sudah dilakukan dengan memberikan akses terhadap sumber informasi yang mereka butuhkan dalam peningkatan perekonomian masyarakat melalui ruang komunitas digital desa. Ketiga, hasil pemberdayaan literasi digital masyarakat melalui ruang komunitas digital desa dalam mewujudkan smart village economy yaitu meningkatnya ekonomi masyarakat melalui ruang komunitas digital desa, bertambahnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat, meningkatnya kualitas hidup dan memberikan kemajuan terhadap desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Literasi Digital, Smart Village Economy
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Struktur Masyarakat Islam
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Interaksi Sosial dalam Islam
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Perubahan Sosial dalam Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 02 Sep 2024 12:18
Last Modified: 02 Sep 2024 12:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23255

Actions (login required)

View Item View Item