Penguatan Kapasitas Pengurus dalam Mengelola Taman Pendidikan Al-Quran (Tpq) An-Nabawi di Dadok Tunggul Hitam Kota Padang

Al'amin Muharman, Ilham (2024) Penguatan Kapasitas Pengurus dalam Mengelola Taman Pendidikan Al-Quran (Tpq) An-Nabawi di Dadok Tunggul Hitam Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (453kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (504kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (447kB)
[img] Text (FULL TEXT)
2220050005 Tesis- Ilham Muharman Al'amin full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nama Penulis Ilham Muharman Al’amin, NIM 2220050005, dengan jdul Tesis “Penguatan Kapasitas Pengurus Dalam Mengelola Taman Pendidikan Al-Quran (Tpq) An-Nabawi Di Dadok Tunggul Hitam Kota Padang”. Tesis, Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Tahun 2024. Studi ini bertujuan untuk Penguatan Kapasitas pengurus dalam mengelola Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) An Nabawi. Fokus studi ini ada tiga hal :Pertama, Pengurus Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) An Nabawi memiliki komitmen dalam mengembangkan lembaga TPQ dengan meningkatkan pengelolaannya. Kedua, Pengurus Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) An Nabawi memiliki pengetahuan dan pedoman dalam mengelola lembaga TPQ. Ketiga, Pengurus Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) An Nabawi memiliki kemampuan dalam menyusun program yang jelas, seperti program jangka pendek dan program jangka Panjang. Bentuk pada penelitian ini adalah penelitian transformative dengan pendekatan Community Based Research (CBR). Tahapan studi ini: 1) laying the Foundation (peletakan dasar penelitian), 2) research planning (perencanaan penelitian), 3) collecting and analyzing data (pengumpulan dan analisis data), dan 4) acting on finding (langkah aksi). Sedangkan teknik pengumpulan data adalah 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Focus Group Discussion (FGD), 4) Dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu redaksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari proses pendampingan yang dilakukan kepada pengurus Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) An Nabawi dalam meningkatkan kapasitas mereka adalah menyusun rancangan modul yang akan menjadi pedoman dan panduan dalam mengelola lembaga TPQ. Sedangkan hasil penelitian pertama, dalam membangun komitmen untuk membangun dan meningkatkan Lembaga TPQ diperlukan semangat dan partisipasi aktif bagi setiap anggota kepengurusan. Kedua, dalam meningkatkan pengetahuan dan pedoman kepengurusan Lembaga TPQ dalam mengelola, maka akan dilakukan penyusunan modul manajemen TPQ untuk bisa menjadi pedoman bagi pengurus dalam mengelola Lembaga TPQ. Ketiga, untuk memiliki kemampuan dalam penyusunan program TPQ, terlebih dahulu pengurus harus mampu merumuskan visi dan misi Lembaga karena itu akan menjadi dasar pembuatan program jangka Panjang dan program jangka pendek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kapasitas, Pengelolaan, TPQ
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 03 Sep 2024 13:16
Last Modified: 03 Sep 2024 13:16
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23213

Actions (login required)

View Item View Item