Afifah, Rahmah (2024) Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Peserta Didik Kelas VII SMP N 1 Padang Panjang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version Download (853kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (521kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (455kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy peserta didik kelas VII di SMP N 1 Padang Panjang. Usaha yang dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE). Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematis pesera didik yang belajar menggunakan model pembelajaran ekspositori, serta self-efficacy peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) pada kelas eksperimen di SMP N 1 Padang Panjang. Jenis penelitian adalah quasy eksperiment dengan randomized control grup only design. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas SMP N 1 Padang Panjang tahun ajaran 2023/2024, teknik pengambilan sampel yaitu random sampling dengan sampel terpilih VII.E sebagai kelas eksperimen dan VII.G sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-efficacy. Teknik analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan Uji-t dan angket self-efficacy dilihat derajat pencapaian. Berdasarkan hasil tes rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen 81,25 dan kelas kontrol adalah 73,98. Uji-t diperoleh thitung =2,23 ttabel = 1,67, artinya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran ekspositori di kelas VII SMP N 1 Padang Panjang. Selanjutnya untuk angket diperoleh derajat pencapaian self-efficacy peserta didik adalah 85,55% dengan kriteria tinggi, sehingga dapat dikatakan bahwa peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) mempunyai self-efficacy yang bagus, optimis dalam menghadapi rintangan dan mampu menjabarkan ide-ide. Kata Kunci: Predict Observe Explain (POE), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Efficacy
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Predict Observe Explain (POE), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Efficacy |
Subjects: | U Umum (General) > Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 06:26 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 06:26 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23200 |
Actions (login required)
View Item |