Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang

Damanik, Muhammad Naufal (2024) Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
cover sampai daftar isi.pdf - Published Version

Download (704kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I-.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA .pdf - Updated Version

Download (2MB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang”. Disusun oleh Muhammad Naufal Damanik, Nim 2012020004, Program studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Perilaku konsumtif secara umum merupakan sifat mengkonsumsi, mengenakan dan menggunakan barang-barang secara berlebihan atau yang sering kita ketahui lebih mengutamakan keinginan dari pada kebutuhan dan sering mengedepankan keinginan tersebut dari pada prioritasnya. Setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Namun pada kenyataan yang terjadi di kalangan mahasiswa mereka lebih membeli apa yang mereka butuhkan sehingga mereka akan mendapatkan tingkat kepuasan yang tinggi dan keinginan tersebutlah yang menjadikan mereka berperilaku konsumtif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang ditinjau dari faktor internal dan faktor eksternal. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik penetapan subjek dalam penelitian menggunakan teknik snowball sampling. Subjek penelitian yang menjadi informan adalah mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah ditinjau dari dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Perilaku konsumtif ditinjau dari faktor internal memiliki beberapa indikator penghubung diantaranya ada motivasi, kepribadian, dan konsep diri. Sedangkan berdasarkan faktor eksternal perilaku konsumtif ada beberapa indikator yang termasuk didalamnya antara lain ada indikator konsumen, budaya, dan kelompok sosial. Dalam perspektif bimbingan konseling islam perilaku konsumtif yang dimiliki manusia tidak luput dari kesalahan, untuk itu sesama manusia harus saling menasehati dan mengarahkan ke arah yang lebih baik dan selalu membimbingnya untuk hidup sederhana, seadanya sesuai dengan kemampuan dan perekonomiannya karena bimbingan konseling islam merupakan cara dalam membimbing manusia yang dilakukan berdasarkan ajaran agam islam, untuk saling menolong individu yang mempunyai masalah untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 06 Sep 2024 03:03
Last Modified: 06 Sep 2024 03:03
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23155

Actions (login required)

View Item View Item