Pengaruh Metode Guided Note Taking Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Keaktifab Belajar Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SD Adabiah Padang

Siregar, Nurul (2024) Pengaruh Metode Guided Note Taking Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Keaktifab Belajar Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SD Adabiah Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-daftar isi)
ABSTRAK Fix.pdf

Download (931kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf

Download (286kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf

Download (390kB)
[img] Text (Bab V dan Daftar Pustaka)
BAB V.pdf

Download (267kB)
[img] Text (File Full Text)
SKRIPSI LENGKAP NURUL AMINAH SIREGAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah Pengaruh Metode Guided Note Taking Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Keaktifan Belajar Peserta didik kelas IV SD Adabiah Padang Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ditulis oleh Nurul Aminah Siregar, NIM 2014070085, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar peserta didik kelas IV SD Adabiah Padang. Permasalahan yang sering ditemui dalam pembelajaran seperti peserta didik yang kurang bersemangat dalam belajar dan lebih sibuk dengan aktivitasnya sendiri. Solusinya adalah dengan menerapkan metode guided note taking dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode guided note taking berbantuan media video animasi dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD Adabiah Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan rancangan pre-test post-test control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Adabiah Padang sebanyak 44 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan treatment uji “t” dengan pengolahan data menggunakan SPSS Versi 26. Berdasarkan hasil analisis uji t yang dilakukan dengan bantuan SPSS Versi26, diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,001 Thitung = 3,401 dan Ttabel = 1,682. Dengan dasar keputusan Thitung > Ttabel, yaitu 3,401 > 1,682 maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat diambil kesimpulan terdapat pengaruh keaktifan belajar peserta didik dengan menggunakan metode guided note taking. Keaktifan belajar peserta didik dengan penggunaan metode guided note taking terlihat lebih meningkat dibandingkan dengan penggunaan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Guided Note Taking, Keaktifan belajar.
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:22
Last Modified: 05 Sep 2024 03:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23144

Actions (login required)

View Item View Item