Pengaruh Intensitas Modal, Profitabilitas, Debt Covenant, dan Komisaris Independen Terhadap Konservatisme Akuntansi Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2023

Moriska, Riry (2024) Pengaruh Intensitas Modal, Profitabilitas, Debt Covenant, dan Komisaris Independen Terhadap Konservatisme Akuntansi Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2023. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover-daftar isi)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (355kB)
[img] Text (BAB II)
BAB III.pdf - Published Version

Download (592kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (500kB)
[img] Text (RIRY MORISKA (2016040078) FULL TEXT)
RIRY MORISKA-2016040078-FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan simultan pengaruh Intensitas Modal (X₁), Profitabilitas (X₂), Debt Covenant (X₃), Komisaris Independen (X₄) Terhadap Konservatisme Akuntansi (Y). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2023 yaitu 95 perusahaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah perusahaan yang memenuhi kriteria yaitu 51 perusahaan Makanan dan Minuman. Adapun kriteria perusahaan yang dijadikan sampel penelitian ini adalah perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2019-2023 secara berturut-turut dan Makanan dan Minuman yang diberhentikan sementara perdagangannya (suspensi) dari Bursa Efek Indonesia sehingga tidak menerbitkan laporan keuangan periode 2019-2023. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi data panel menggunkan software E-views 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Intensitas Modal berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap konservatisme akuntansi, Profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap konservatisme akuntansi, Debt Covenant berpengaruh negatif dan signifikan terhadap konservatisme akuntansi, dan komisaris independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap konservatisme akuntansi. Serta secara simultan Intensitas Modal, Profitabilitas, Debt Covenant, Dan Komisaris Independen berpengaruh terhadap Konservatisme Akuntansi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan simultan pengaruh Intensitas Modal (X₁), Profitabilitas (X₂), Debt Covenant (X₃), Komisaris Independen (X₄) Terhadap Konservatisme Akuntansi (Y). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2023 yaitu 95 perusahaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah perusahaan yang memenuhi kriteria yaitu 51 perusahaan Makanan dan Minuman. Adapun kriteria perusahaan yang dijadikan sampel penelitian ini adalah perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2019-2023 secara berturut-turut dan Makanan dan Minuman yang diberhentikan sementara perdagangannya (suspensi) dari Bursa Efek Indonesia sehingga tidak menerbitkan laporan keuangan periode 2019-2023. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi data panel menggunkan software E-views 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Intensitas Modal berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap konservatisme akuntansi, Profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap konservatisme akuntansi, Debt Covenant berpengaruh negatif dan signifikan terhadap konservatisme akuntansi, dan komisaris independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap konservatisme akuntansi. Serta secara simultan Intensitas Modal, Profitabilitas, Debt Covenant, Dan Komisaris Independen berpengaruh terhadap Konservatisme Akuntansi.
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 11 Sep 2024 08:09
Last Modified: 11 Sep 2024 08:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23108

Actions (login required)

View Item View Item