Strategi Pengembangan Soft skill Siswa dalam Aspek kemampuan komunikasi pada pembelajaran IPS kelas VII SMPN 6 Lembah Gumanti

Putri Yulia, Siska (2024) Strategi Pengembangan Soft skill Siswa dalam Aspek kemampuan komunikasi pada pembelajaran IPS kelas VII SMPN 6 Lembah Gumanti. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover-Dapus)
SKRIPSI NEXT SISKA COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 SKRIPSI SISKA.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (BAB 3)
SKRIPSI SISKA BAB 3.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (BAB 5 - DAPUS)
SKRIPSI SISKA BAB 5 - DAPUS.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (BAB 1 - 5 FULL)
SKRIPSI SISKA BAB 1-5 FIX (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Strategi Pengembangan Soft Skill Siswa Dalam Aspek Kemampuan Komunikasi Pada Pembelajaran IPS Kelas VII SMPN 6 Lembah Gumanti”. Disusun oleh Siska Putri Yulia, Nim. 2014090002 Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1445 H/2024 M. Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh pengamatan peneliti di lapangan bahwa pengembangan soft skill siswa dalam aspek kemampuan komunikasi pada pembelajaran IPS menunjukkan bahwa siswa memiliki tingkat keterampilan komunikasi yang bervariasi, dengan sebagian siswa menunjukkan kemampuan aktif berpartisipasi dalam diskusi dan argumentasi yang kuat, sementara yang lain mungkin memerlukan lebih banyak dukungan dalam mengungkapkan pendapat dan berkomunikasi secara efektif, dapat dilihat bahwa dibutuhkan strategi pembelajaran yang mendorong partisipasi aktif, memberikan umpan balik konstruktif, dan melibatkan siswa dalam latihan presentasi dan debat untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Penelitian ini menggunakan jenis dan metode penelitian penelitian lapangan (Field research) dengan pendekatan kualitatif.. Lokasi dalam penelitian ini di SMPN 6 Lembah Gumanti. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), siswa kelas VII, dan Waka Kurikulum SMPN 6 Lembah Gumanti. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 3 teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu data dianalisis dengan melalui beberapa tahapan seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian dilakukan uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :1)berkenaan dengan perencananaan strategi pengembangan soft skiil siswa dalam aspek kemampuan komunikasi, guru melakukan perencanaan menggunakan menggunakan pendekatan saintifik Student Centered Learning dengan ketentuan di Modul ajar 2) berkenaan dengan penerapan Strategi pengembangan soft skill siswa dalam aspek kemampuan komunikasi, guru melakukan pengembangan dalam aspek komunikasi Verbal,non verbal, mendengarkan, tulisan dan interaksi, dilihat selama pembelajaran berlangsung.3) Berkaitan dengan Faktor pendorong strategi dalam pengembangan soft skill siswa terdapat dua faktor yaitu faktor internal (dalam diri ) dan eksternal (Peran guru dan peran keluarga), adapun dengan Faktor penghambat berasal dari faktor individual, siswa yang sebagian tidak mau terlibat aktif dalam kelompoknya dan mengandal kan satu orang yang aktif saja dalam kelompok,serta perbedaan individu. strategi dalam pengembangan soft skill. Dari hasil tersebut sekolah mampu meningkatkan strategi pembelajaran yang bervariasi, agar mendorong partisipasi aktif dalam pengembangan soft skill siswa dalam aspek kemampuan komunikasi Kata Kunci: Strategi, Soft skill aspek komunikasi. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Soft skill aspek komunikasi. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:24
Last Modified: 05 Sep 2024 02:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23090

Actions (login required)

View Item View Item