Analisis Bauran Promosi (Promotion Mix) Penyelenggaraan Ibadah Umrah PT. Armindo Jaya Tur Padang

sahftri, sisri (2024) Analisis Bauran Promosi (Promotion Mix) Penyelenggaraan Ibadah Umrah PT. Armindo Jaya Tur Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover-daftar isi)
SISRI SAHFITRI. NIM 1912030027 Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (788kB)
[img] Text (BAB 1)
SISRI SAHFITRI. NIM 1912030027 BAB 1.pdf - Published Version

Download (373kB)
[img] Text (BAB III)
SISRI SAHFITRI, NIM 1912030027 BAB III.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
SISRI SAHFITRI. NIM 1912030027 BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (FULLTEXT)
SISRI SAHFITRI. NIM 1912030027. Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Bauran Promosi (Promotion Mix) Penyelenggaraan Ibadah Umrah PT. Armindo Jaya Tur Padang” oleh Sisri Sahfitri Nim 1912030027, mahasiswa program Strata Satu (SI) Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Analisis Bauran Promosi (Promotion Mix) Penyelenggaraan Ibadah Umrah PT. Armindo Jaya Tur Padang mengalami peningkatan dari tahun ketahun terutama dari tahun 2022 s/d 2024. Peningkatan ini bisa dilihat dari strategi promosi (Promotion Mix) melalui media cetak dan media sosial. Media cetak seperti spanduk, baliho dan brosur. Media sosial seperti website, instagram, whatsapp, facebook, youtube dan tiktok yang menjelaskan alamat kantor, harga, nomor yang dapat dihubungi serta mengadakan event-event dan seminar haji dan umrah sehingga jama’ah banyak mendapatkan informasi melalui media tersebut. Di PT. Armindo Jaya Tur strategi promosi lebih banyak disampaikan melalui mulut ke mulut untuk merekrut jama’ah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat dan publisitas yang dilakukan oleh PT. Armindo Jaya Tur Padang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah staf marketing, staf haji dan umrah dan staf administrasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan pengumpulan data, analisis data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa strategi bauran promosi penyelenggaraan ibadah umrah dan haji khusus PT. Armindo Jaya Tur Padang sudah menetapkan dalam mempromosikan produk atau jasa untuk merekrutmen jama’ah yaitu dengan menggunakan: 1) periklanan yang terbagi menjadi dua yaitu media cetak dan media sosial. Media cetak seperti spanduk, baliho dan brosur. Media sosial seperti website, instagram, whatsapp, facebook, youtube dan tiktok. 2) promosi penjualan menggunakan insentif yaitu memberi insentif atau hadiah bagi agen-agen dan jama’ah yang mengajak temannya untuk umrah dan haji di PT. Armindo Jaya Tur Padang. 3) hubungan masyarakat menggunakan pelayanan yang baik dan nyaman kepada calon jama’ah, memiliki brosur dan spanduk serta sering hadir dalam undangan acara pameran 4) penjualan pribadi menggunakan pendekatan langsung, jama’ah langsung datang ke kantor dan juga dalam acara pameran yang diadakan oleh perusahaan yang bekerja sama dengan PT. Armindo JayaTur Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bauran promosi, analisis, ibadah umrah
Subjects: U Umum (General) > Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:05
Last Modified: 03 Sep 2024 08:05
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23086

Actions (login required)

View Item View Item