Hubungan Burnout Academic dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Menyusun Skripsi

Ito, Pinta Roma (2024) Hubungan Burnout Academic dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Menyusun Skripsi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Pinta Roma Ito Harahap. NIM. 1915040006. Cover- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (519kB)
[img] Text (BAB I)
Pinta Roma Ito Harahap. NIM 1915040006. BAB I.pdf - Published Version

Download (325kB)
[img] Text (BAB III)
Pinta Roma Ito Harahap. NIM. 1915040006. BAB III.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
Pinta Roma Ito Harahap. NIM. 1915040006. BAB V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Text (Fulltext)
Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa yang melakukan prokrastinasi dalam mengerjakan skripsi dan tidak mampu menyelesaikannya tepat waktu. Hal tersebut bisa dikaitkan dengan burnout academic yang dirasakan oleh mahasiswa sehingga berdampak kepada perilaku prokrastinasi akademik pada tugas akhirnya. Bentuk prokrastinasi pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi adalah menunda tugas akhir sehingga membuat stres dan kelelahan mental. Faktor- faktor dari kelelahan mental disebabkan teman-teman seperjuangan dalam menyelesaikan tugas skripsi sudah selesai terlebih dahulu, dan faktor lainnya seperti desakan orang tua untuk segera menyelesaikan tugas skripsi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan burnout academic dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang menyusun skripsi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 385 mahasiswa Fakultas Syariah UIN IB Padang, dengan jumlah sampel sebanyak 385 mahasiswa, teknik sampling yang digunakan yaitu teknik Total sampling. Hasil uji korelasi pearson product moment menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar p = 0.0001 dan koefisien korelasi sebesar 0,76 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel burnout academic dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang menyusun skripsi . Artinya semakin tinggi burnout academic semakin tinggi pula prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang menyusun skripsi. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah burnout academic makan rendah pula prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang menyusun skripsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Burnout Academic, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa
Subjects: U Umum (General) > Psikologi
Psicology Teology Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 07 Sep 2024 02:37
Last Modified: 07 Sep 2024 02:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23062

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item