HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VIII MTSS AL FURQAN PADANG

RIZQA, FADHILAH (2024) HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS VIII MTSS AL FURQAN PADANG. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (BAB III)
FADHILAH RIZQA_1714010027_BAB_III.pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FADHILAH RIZQA_1714010027_FULL_TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (BAB V DAFTAR PUSTAKA)
FADHILAH RIZQA_1714010027_BAB_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (COVER DAFTAR ISI)
FADHILAH RIZQA_1714010027_COVER_DAFTAR_ISI.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (BAB I)
FADHILAH RIZQA_1714010027_BAB_I.pdf

Download (279kB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar di sekolah sering ditemukan siswa yang tidak dapat meraih hasil belajar yang setara dengan kecerdasan spiritualnya, terkadang ada siswa yang hasil belajarnya tinggi tetapi mempunyai kecerdasan spiritual yang rendah, mempunyai kecerdasan spiritual yang baik tetapi memperoleh hasil belajar yang relatif rendah, namun tidak sedikit pula hasil belajarnya setara dengan kecerdasan spiritual. Hal tersebut juga terjadi di MTsS Al Furqan Padang. Karena itu, peneliti ingin menguji kembali Hubungan Kecerdasan Spiritual dengan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil belajar akidah akhlak siswa kelas VIII MTsS Al Furqan, (2) Mengetahui tingkat kecerdasan spiritual siswa kelas VIII MTsS Al Furqan, (3) Mengetahui hubungan hasil belajar akidah akhlak terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas VIII MTsS Al Furqan. Penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif. Jumlah populasi 44 responden dan seluruh responden dijadikan sampel penelitian. Analisis penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Adapun hasilnya adalah (1) Hasil belajar akidah akhlak peserta didik kelas VIII di MTsS Al Furqan dalam kategori sedang sebesar 90,90% atau sebanyak 40 peserta didik dari 44 responden. Hal ini dibuktikan dari rekapitulasi nilai Akidah Akhlak siswa dengan nilai 78 sampai 96, (2) Kecerdasan Spiritual peserta didik kelas VIII di MTsS Al Furqan dalam kategori sedang. Hal ini ditunjukkan dengan prosentase sebesar 65,90% atau sebanyak 29 peserta didik dari 44 responden, (3) Adapun hasil analisis menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara Kecerdasan Spiritual (X) dan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik (Y) kelas VIII di MTsS Al Furqan yang terlihat dari perhitungan taraf signifikansi 0,05 diperoleh Fhitung sebesar 228,919 sedangkan Ftabel sebesar 4,15. dengan koefisien determinasi sebesar 87,7% dan sisanya sebesar 12,3% dipengaruhi oleh faktor lainya. Berdasarkan hasil penelitian hipotesis alternatif (Ha) diterima, ini berarti terdapat hubungan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII MTsS Al Furqan Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual, Hasil Belajar Aqidah Akhlak
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:12
Last Modified: 05 Sep 2024 02:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23051

Actions (login required)

View Item View Item