IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 2X11 ENAM LINGKUNG

Huda, Zawil M. (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 2X11 ENAM LINGKUNG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
M. Zawil Huda_2014090073_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (889kB)
[img] Text (BAB I)
M. Zawil Huda_2014090073_BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text (BAB III)
M. Zawil Huda_2014090073_BAB III.pdf

Download (181kB)
[img] Text (BAB V)
M. Zawil Huda_2014090073_BAB V.pdf

Download (169kB)
[img] Text (Fulltext)
M. Zawil Huda_2014090073_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas VIII Di SMP Negeri 1 2X11 Enam Lingkung. Ditulis oleh M. Zawil Huda NIM: 2014090073 Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Soasial, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya karakter peserta didik dalam belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Dibuktikan dengan terlihatnya peserta didik yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Dibuktikan dengan terlihatnya peserta didik masih ada yang memiliki karakter yang rendah masih ada yang bolos, tidak disiplin waktu, tidak menghargai guru dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 2X11 Enam Lingkung (2) Mendeskripsikan Implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 2X11 Enam Lingkung (3) Mendeskripsikan Tindak lanjut guru dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 2X11 Enam Lingkung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru IPS dan peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi Data analisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian lapangan menunjukkan (1) Guru sudah membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pendidikan karakter sudah di muat dalam Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) (2) Implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran IPS bahwa pada kegiatan pembelajaran guru dan peserta didik masuk tepat waktu kemudian pada awal pembelajaran dan akhir pembelajaran guru membimbing peserta didik untuk selalu berdoa, peserta didik dituntut harus selalu berpakaian rapi kemudian ketika ada tugas ujian guru mengingatkan peserta didik untuk melakukan dengan sendiri dan peserta didik tidak boleh mengambil barang yang bukan miliknya sendiri (3) Tindak lanjut yang dilakukan guru pada pembelajaran IPS yaitu guru selalu mengingatkan, menegur terus menerus juga memberikan sanksi edukatif yang sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan peserta didik tersebut kemudian memberikan nasehat yang baik kepada peserta didik yang melanggar aturan disekolah dan bekerja sama dengan guru BK dalam hal menindak lanjuti berbagi kasus karakter siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran IPS
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:18
Last Modified: 05 Sep 2024 02:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23022

Actions (login required)

View Item View Item