Novianti, Lusi (2024) Proses Pemberdayaan Pendidikan Anak Yatim dan Duafa Oleh LAZIS Mitra Ummat Madani Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (cover-daftar isi)
cover-daftar isi.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (530kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III .pdf - Published Version Download (273kB) |
|
Text (BAB V-daftar pustaka)
BAB V-dapus.pdf - Published Version Download (272kB) |
|
Text (Full text)
full text.pdf - Published Version Download (4MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Proses Pemberdayaan Pendidikan Anak Yatim dan Duafa Oleh LAZIS Mitra Ummat Madani Kota Padang” disusun oleh Lusi Novianti, NIM 2012040015, Prodi Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2024. Proses pemberdayaan pendidikan merupakan usaha untuk membangkitkan kesadaran dan kepekaan masyarakat terhadap perkembangan sosial, ekonomi dan politik. Pendidikan menjadi sektor penting dalam membentuk perilaku, peningkatan kualitas dan kesejahteraan hidup. Namun, anak yatim dan duafa memiliki permasalahan dalam mendapatkan pendidikan. Anak yatim yang kehilangan orang tua, kehilangan orang yang membimbing dan kehilangan orang yang memenuhi kebutuhan hidupnya. Sedangkan duafa berada dalam kondisi kemiskinan yang kesulitan dalam biaya pendidikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memahami proses pemberdayaan pendidikan yang dilakukan oleh LAZIS Mitra Ummat Madani dalam membangkitkan kesadaran dan kepekaan anak yatim dan duafa dalam pendidikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini yaitu Direktur Utama dan staf LAZIS Mitra Ummat Madani, ustadzah pembina rumah tahfidz Darul Syakur LAZIS Mitra Ummat Madani, anak yatim dan duafa beserta orang tua penerima manfaat pendidikan. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa reduksi data, panyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu : pertama, proses pemberdayaan dilakukan oleh LAZIS Mitra Ummat Madani dalam membangkitkan kesadaran anak yatim dan duafa dalam pendidikan yaitu memberikan pengetahuan, memberikan pemahaman, membentuk sikap, dan membentuk pola perilaku. Kedua, Proses pemberdayaan dilakukan oleh LAZIS Mitra Ummat Madani dalam membangkitkan kepekaan anak yatim dan duafa dalam pendidikan yaitu tolong-menolong, kerja sama, dan menghargai orang lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan pendidikan, anak yatim dan duafa, LAZIS Mitra Ummat Madani |
Subjects: | Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Dakwah Islam, Penyebaran Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FDIK |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 08:42 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 08:42 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22993 |
Actions (login required)
View Item |