Keharmonisan Pasangan Suami Istri yang Tidak Memiliki Anak (ditinjau dari Aspek-Aspek Keharmonisan Keluarga di Kecamatan Pauh Kota Padang)

Rahman, Nadiatur (2024) Keharmonisan Pasangan Suami Istri yang Tidak Memiliki Anak (ditinjau dari Aspek-Aspek Keharmonisan Keluarga di Kecamatan Pauh Kota Padang). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar isi)
Nadiatur Rahman. 1912020079. Cover-daftar Isi.pdf - Published Version

Download (789kB)
[img] Text (BAB I)
Nadiatur Rahman. 1912020079. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
Nadiatur Rahman. 1912020079. BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
Nadiatur Rahman. 1912020079. BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Nadiatur Rahman. 1912020079. Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Keharmonisan Pasangan Suami Istri yang Tidak Memiliki Anak (ditinjau dari Aspek-Aspek Keharmonisan Keluarga di Kecamatan Pauh Kota Padang)” Ditulis oleh: Nadiatur Rahman Nim: 1912020079 program studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Imam Bonjol Padang. Idealnya dalam sebuah keluarga yang sangat diharapkan oleh pasangan suami istri adalah kehadiran seorang anak, karna dengan adanya seorang anak membuat kehidupan keluarga lebih bahagia. Realitanya yang terjadi di masyarakat tidak semua pasangan suami istri yang menjalin hubungan rumah tangga diberikan amanah memiliki anak oleh Allah Swt, ada banyak pasangan yang kesulitan untuk mendapatkan anak hingga bertahun-tahun lamanya menikah, tetapi itu bukan suatu alasan untuk keluarga tersebut tidak harmonis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya dalam memberikan perhatian kepada pasangan. Juga upaya pasangan suami istri yang tidak memiliki anak saling menerima kekurangan dan kelebihan satu sama lain. Serta upaya dalam menghidupkan kehidupan beragama pasangan suami istri yang tidak memiliki anak. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah pasangan suami istri yang tidak memiliki anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik yang dilakukan dengan pertimbangan tertentu, bukan berdasarkan strata, daerah, tetapi berdasarkan tujuan dari penelitian (purposive sampling). Berjumlah 5 pasangan suami istri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) Upaya dalam memberikan perhatian kepada pasangan, sebagian besar melakukan komunikasi yang baik dan lancar, memberikan dukungan emosional dan finansial. Saling memuji pasangan dan menghabiskan waktu berdua. (2) Upaya suami istri yang tidak memiliki anak saling menerima kekurangan dan kelebihan satu sama lain, sebagian besar memberikan sikap saling menerima kekurangan dan kelebihan satu sama lain, sadar akan kelemahan pasangan, dan saling menghormati. (3) Upaya dalam menghidupkan kehidupan beragama pasangan suami istri yang tidak memiliki anak, sebagian besar melaksanakan ibadah, pasangan suami istri sangat rajin beribadah kepada Allah, seperti disiplin mengerjakan shalat lima waktu sehari semalam, puasa sunah, dan sedekah subuh, beribadah mempengaruhi kehidupan rumah tangga pasangan suami istri yang membuat mereka ikhlas menerima takdir, karna dengan lebih dekat dengan Allah Swt membuat hubungan mereka lebih harmonis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keharmonisan,Pasangan Suami istri, Tanpa Anak
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:08
Last Modified: 04 Sep 2024 06:08
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22986

Actions (login required)

View Item View Item