Analisis Perubahan Pendekatan Pembelajaran IPS Dari Kurikulum K13 Ke Kurikulum Merdeka dan Implementasinya di SMP N1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

Yoga, Ahmad (2024) Analisis Perubahan Pendekatan Pembelajaran IPS Dari Kurikulum K13 Ke Kurikulum Merdeka dan Implementasinya di SMP N1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Ahmad Yoga_2014090080_IPS_Cover Dll.pdf - Published Version

Download (647kB)
[img] Text (Bab I)
Ahmad Yoga_2014090080_IPS_BAB I.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (Bab III)
Ahmad Yoga_2014090080_IPS_BAB III.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (Bab IV-Daftar Pustaka)
Ahmad Yoga_2014090080_IPS_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (Full Text)
Ahmad Yoga_2014090080_IPS_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dikelas kebanyakan guru belum bisa menentukan benang merah perbedaan antara pendekatan pembelajaran pada kurikulum 2013 dan pendekatan pada kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan menganaisis perubahan pendekatan kurikulum K 13 dengan Kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran IPS di sekolah ini terkait dengan Pendekatan Pembelajaran IPS pada Kurikulum K13, Pendekatan Pembelajaran IPS pada Kurikulum Merdeka dan Perubahan Pendekatan Pembelajaran IPS dari Kurikulum k13 ke Kurikulum Merdeka Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh di sekolah ini tentang perubahan pendekatan pembelajaran dari Kurikulum 2013 ke Kurkulum Merdeka terkait tentang: Pendekatan Pembelajaran pada Kurikulum 2013 disebut dengan Pendekatan Saintifik dengan menerapkan (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi, Mengasosiasikan dan Mengkomunikasikan), Pendekatan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka disebut pendekatan berdiferensiasi, guru harus bisa memetakan pembelajaran mulai dari mengakomodasi, melayani, dan mengakui keragaman peserta didik dalam PBM sesuai dengan kesiapan belajar, minat dan kesukaannya, Perubahan Pendekatan Pembelajaran yang terjadi yang awalnya pada Kurikulum K13 pendekatan pembelajaran disebut dengan saintifik sedangkan sekarang pada Kurikulum Merdeka berubah dengan pendekatan berdiferensiasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi, perubahan pendekatan, pembelajaran ips
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Sep 2024 08:24
Last Modified: 04 Sep 2024 08:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22982

Actions (login required)

View Item View Item