Analisis Perbandingan Efisiensi Bank Umum Syariah Devisa dan Bank Umum Syariah Non Devisa di Indonesia Menggunakan Metode Stochastic Frontier Analysis (SFA)

Pitri, Nur Ramaya (2024) Analisis Perbandingan Efisiensi Bank Umum Syariah Devisa dan Bank Umum Syariah Non Devisa di Indonesia Menggunakan Metode Stochastic Frontier Analysis (SFA). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (840kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (283kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (357kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (341kB)
[img] Text (NUR RAMAYA PITRI. NIM 2016050057)
NUR RAMAYA PITRI. NIM 2016050057.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Semakin berkembangya perbankan syariah maka akan menimbulkan adanya persaingan antar perbankan syariah dengan bebagai produk dan pelayanan yang diberikan. Oleh karena itu, diperlukan pengukuran tingkat efisiensi kinerja perbankan syariah. Efisiensi adalah salah satu parameter kinerja dengan melihat kemampuan perusahaan dalam menghasilkan output yang optimal dengan input yang ada. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah terdapat perbedaan antara efisiensi BUS devisa dan BUS non devisa di Indonesia selama 2018 hingga 2023. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan metode Stochastic Frontier Analysis (SFA). Hasil nilai SFA berkisar 0-1, apabila mendekati angka 1 maka semakin efisien bank tersebut. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan (annual report) dari bank sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah 4 BUS devisa dan 5 BUS non devisa dengan penentuan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Variabel input yang digunakan adalah dana pihak ketiga, modal disetor, dan beban operasional, sedangkan variabel outputnya adalah total pembiayaan, penempatan pada bank Indonesia, dan penempatan pada bank lain. Pengambilan variabel tersebut berdasarkan pendekatan intermediasi dengan memperhatikan alternative profit. Uji beda independent sample t-test digunakan untuk mengukur perbedaan tingkat efisiensi antara BUS devisa dan BUS non devisa di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efisiensi antara BUS devisa dan BUS non devisa di Indonesia periode 2018-2023. Dari 4 BUS devisa pada periode 2018-2023 menunjukkan nilai rata-rata keseluruhan efisiensi 0.55462 dan hanya bank muamalat Indonesia yang cukup efisien dengan nilai rata-rata efisiensi 0.70470 (efisiensi sedang), sedangkan ketiga bank lainnya masuk dalam kategori efisiensi rendah. Sementara pada BUS non devisa menunjukkan rata-rata keseluruhan efisiensi sebesar 0.96522 (efisiensi tinggi). Pada penelitian ini BUS non devisa menunjukkan tingkat efisiensi yang lebih baik daripada BUS devisa. Kata Kunci : Efisiensi, Bank Umum Syariah, Stochastic Frontier Analysis (SFA)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efisiensi, Bank Umum Syariah, Stocastic Frontier Analysis (SFA)
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 05 Sep 2024 07:04
Last Modified: 05 Sep 2024 07:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22950

Actions (login required)

View Item View Item