Hubungan Pola Asuh Otoriter dengan Kecenderungan Cinderella Complex pada Mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Maulana, Delia (2024) Hubungan Pola Asuh Otoriter dengan Kecenderungan Cinderella Complex pada Mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (655kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (714kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (646kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (570kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT (DELIA MAULANA_1915040130).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Cinderella complex merupakan suatu ketakutan akan kemandirian yang dialami oleh perempuan yang membuatnya merasa tidak berdaya sehingga tidak dapat menggunakan kemampuan dan potensi yang dimilikinya dan selalu berkeinginan untuk dirawat dan dilindungi oleh orang lain. Pola asuh otoriter merupakan pola asuh yang mengutamakan membentuk kepribadian anak dengan menetapkan standar mutlak yang harus diikuti, pola asuh otoriter menekankan aturan atau perilaku yang dituntut untuk diikuti secara kaku dan tidak boleh dipertanyakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh otoriter dengan kecenderungan cinderella complex. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis korelasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1990 mahasiswi angkatan 2022 dan 2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan sampel sebanyak 237 mahasiswi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala sebagai alat ukur yaitu skala pola asuh otoriter dan skala cinderella complex. Berdasarkan nilai pearson correlation variabel pola asuh otoriter dengan cinderella complex sebesar -.245 dengan signifikansi 0.0001. Hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya hubungan negatif yang signifikan antara variabel pola asuh dengan cinderella complex, artinya semakin rendah pola asuh otoriter maka semakin rendah cinderella complex sebaliknya semakin rendah pola asuh otoriter maka semakin tinggi tingkat cinderella complex pada mahasiswi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Otoriter, Cinderella Complex
Subjects: U Umum (General) > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:29
Last Modified: 06 Sep 2024 08:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22936

Actions (login required)

View Item View Item