Problematika Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) Berbasis Website di Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar

Saputra, Rino Hadi (2024) Problematika Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) Berbasis Website di Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar isi)
1913010160_Rino Hadi Saputra_Cover-Daftar isi.pdf - Published Version

Download (885kB)
[img] Text (BAB I)
1913010160_Rino Hadi Saputra_BAB I.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text (BAB III)
1913010160_Rino Hadi Saputra_BAB III.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
1913010160_Rino Hadi Saputra_BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (487kB)
[img] Text (Full Teks)
1913010160_Rino Hadi Saputra_FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan SIMKAH yang dialami calon pengantin, Mereka kesulitan menginput data karena tidak paham tentang SIMKAH. Ini terbukti dari pada tahun 2023 dari 250 orang calon pengantin, yang mendaftar melalui SIMKAH secara online hanya 30 %. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan sistem informasi manajemen nikah (SIMKAH) berbasis website. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk, pertama; menganalisis faktor penghalang penerapan SIMKAH berbasis website di Kecamatan X Koto, Kedua; menganalisa upaya KUA Kecamatan X Koto dalam mensosialisasikan SIMKAH pada masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdir dari sumber data primer, sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah; pertama; faktor penyebab penghalang penerapan SIMKAH di KUA X Koto ada 3 yaitu; faktor sarana dan prasarana, faktor sumber daya manusia dan faktor kurangnya informasi dan sosialisasi. Kedua; upaya KUA X Koto dalam mensosialisasikan SIMKAH ;berbasis website pada masyarakat adalah: mengadakan kunjungan silaturrahmi dan sosialisasi program KUA X Koto ke berbagai nagari selingkup Kecamatan X Koto, melakukan pengembangan SIMKAH GEN 4 bagi operator KUA Kecamatan X Koto dan menciptakan inovasi baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika, SIMKAH
Subjects: Agama Islam
U Umum (General) > Hukum
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 09 Sep 2024 00:37
Last Modified: 09 Sep 2024 00:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22918

Actions (login required)

View Item View Item