STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN PROGRAM DAKWAH “KONSULTASI AGAMO” DI STASIUN SURAU TV

Lajuna, Delvi Putra (2024) STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN PROGRAM DAKWAH “KONSULTASI AGAMO” DI STASIUN SURAU TV. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER - DAFTAR ISI)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (468kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf

Download (528kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
Bab V - Daftar Pustaka.pdf

Download (533kB)
[img] Text (FULLL TEXT)
skripsi full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Kreatif Produser Dalam Mempertahankan Program Dakwah Konsultasi Agamo di Stasiun Surau TV”, yang disusun oleh Delvi Putra Lajuna, NIM 2012010029 Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negri (UIN) Imam Bonjol Padang Laju Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi era globalisasi sekarang ini sangatlah berpengaruh terhadap aspek-aspek kehidupan masyarakat baik berbangsa bahkan beragama, informasi merupakan kebutuhan penting dalam kehidupan manusia. Program dakwah unggulan di stasiun Surau TV adalah program Konsultasi Agamo, yaitu sebuah talk show yang menghadirkan inspirasi dan mengupas segala permasalahan yang ada kepada pemirsa. Namun kurun waktu berjalan program Konsultasi Agamo ini mulai merosot dengan kurang nya minat khalayak untuk menonton program tersebut. Kurang nya peminat khalayak program tersebut adalah suatu tantangan untuk mencari solusi bagaimana agar programnya tetap bertahan dan menarik minat penonton sehingga bisa menghasilkan tayangan yang bermutu. Berdasarkan latar belakang diatas penelitian ini bertujuan untuk mengetahhui bagaimanakah tindakan kreatif atau trik-trik yang diterapkan produser program Konsultasi Agamo dalam upaya mempertahankan programnya di stasiun Surau TV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Karena penelitian ini membutuhkan observasi di lapangan, dan juga peneliti melakukan wawancara kepada narasumber yang berkaitan dengan penelitian ini. Adapun metode yang digunakan atau mengambarkan tindakan kreatif atau trik-trik yang diterapkan produser program Konsultasi Agamo dalam upaya mempertahankan programnya di stasiun Surau TV. Berdasarkan hasil penellitian ini menunjukan bahwa terdapat kesesuaian antara teori dengan praktik yan terjadi di lapangan. 13 elemen strategi kreatif Naratama yaitu terget penonton, bahasa naskah, format acara, punching line, gimmick funfare, tune and bumper, penataan artistik, music and fashion, ritme dan birama acara, logo dan music track untuk id tune, general rehearsel, dan interactive program diterapkan oleh produser Konsultasi Agamo dalam upaya mempertahankan program Konsultasi Agamo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 04 Sep 2024 05:26
Last Modified: 04 Sep 2024 05:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22911

Actions (login required)

View Item View Item