PENGGUNAAN MEDIA EDUCATION CARD (E-CARD) PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS VIII SMP N 1 BATANG ANAI

ASRIZAL, ASRIZAL (2024) PENGGUNAAN MEDIA EDUCATION CARD (E-CARD) PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS VIII SMP N 1 BATANG ANAI. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover dan daftar isi)
Asrizal Melayu.2014090035.Cover+daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Asrizal Melayu.2014090035.BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text (BAB III)
Asrizal Melayu.2014090035.BAB III.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB V- Daftar Pustaka)
Asrizal Melayu.2014090035 BAB V.pdf

Download (162kB)
[img] Text (BAB I - V)
Asrizal Melayu.2014090035.BAB I-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah " Penggunaan Media Education Card pada Pembelajaran Illmu Pengetahuan Sosial di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Batang Anai” ditulis oleh Asrizal Melayu 2014090035 Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian peserta didik kurang antusias dan semangat dalam proses belajar mengajar yang berlangsung pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hasil obervasi dan wawancara dengan melihat dan memperhatikan pembelajaran kurang menarik karena guru hanya menggunakan media kartu sederhana kurang menarik sehingga membuat pembelajaran di kelas membosankan di kelas VIII di SMP Negeri 1 Batang Anai. Sehingga proses pembelajaran belum optimal karena penggunaan media pembelajaran yang belum tepat. Salah satu cara yang paling efektif adalah menggunakan media Education Card pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui penggunaan waktu dalam proses pembelajaran. 2. Untuk mengetahui peran penggunaan media Education Card dalam meningkatkan minat belajar peserta didikdi SMP N 1 Batang Anai. 3. Apa saja menjadi kendala dalam penggunaan media Educatio Card dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP N 1 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kualitatif, yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Batang Anai. Penelitian deskriptif kualitatif tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan apa adanya tentang suatu variabel, gejala atau keadaan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai Padang Pariaman tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media Education Card dalam proses pembelajaran IPS bukan saja membuat perhatian peserta didik terfokus, tapi juga membuat tingkat pemahaman mereka tentang arti penting pelajaran IPS akan mereka rasakan dan guru sudah menerapkan media Education Card sesuai dengan langkah -langkah yaitu : 1) Perencanaan Media, 2) Pelaksaaan Media Education Card dan 3) kendala penggunaan media Education Card pada pembelajaran peserta didik di kelas VIII pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran dengan menggunakan kartu.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:14
Last Modified: 05 Sep 2024 02:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22901

Actions (login required)

View Item View Item