Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization)dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas X SMAN 6 Sijunjung Tahun Ajaran 2017/2018.

Santa Putri, Putri (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization)dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas X SMAN 6 Sijunjung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING, ABSTRAK)
kover dll.pdf - Published Version

Download (701kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (678kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version

Download (770kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text (FILE BGABUNGAN SKRIPSI)
full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

Santa Putri: NIM: 1314040751 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization)dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas X SMAN 6 Sijunjung Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilatarbelakangi olehrendahnya motivasi belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X SMAN 6 Sijunjung T.A 2017/2018.Salah satu penyebab rendahnya motivasi belajarpeserta didik dan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yaitu proses pembelajaran masih berpusat pada pendidik dan tidak adanya komunikasi yang baik antara peserta didik yang berkemampuan tinggi dengan yang berkemampuan rendah.Hal ini dapat dilihat dari banyaknya nilai peserta didik yang masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75.Usaha yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan modelpembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization)dalam pembelajaran matematika.Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk 1)mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas X SMAN 6 Sijunjung T.A 2017/2018 yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI serta 2)mengetahuikemampuan pemahaman konsep matematika peserta didikkelas X SMAN 6 Sijunjung T.A 2017/2018 yang diajar denganmodel pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih tinggi dari padakemampuan pemahaman konsep matematikapeserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 6 Sijunjung T.A 2017/2018. Untuk mendapatkan kelas sampel maka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata untuk semua kelas populasi. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas X-4 dan kelas kontrol adalah kelas X-1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)motivasi belajar peserta didik yang di ajar dengan TAI dikategorikan cukup baik dengan persentase 77,36% serta 2)kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang diajar dengan model kooperatif tipe TAIlebih tinggi dari pada kemampuan pemahaman konsep matematikapeserta didik yang diajardengan model pembelajaran konvensional. Terlihat dari perolehan rata-rata nilai tes kelas eksperimen 77,73dan rata-rata nilai tes kelas kontrol 71,15. Persentase ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 65%, sedangkan pada kelas kontrol 50%. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperolehthitung>ttabel(1,723>1,645) dengan αi=i0,05 pada selang kepercayaan 95%, maka keputusannya adalahH0 ditolak dan H1 diterima.Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X SMAN 6 Sijunjung yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe TAIlebih tinggi dari pada kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:31
Last Modified: 22 Nov 2018 02:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2289

Actions (login required)

View Item View Item