Pengaruh Model Pembelajaran Mastery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pasaman

Anggraini, Adisti (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Mastery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pasaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V dan Daftar pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Pengaruh Model Pembelajaran Mastery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pasaman” ditulis oleh Adisti Anggraini 2014010025 Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Latar belakang penelitian ini adalah model yang diterapkan oleh pendidik masih sulit menarik minat dan antusias peserta didik, saat proses belajar mengajar berlangsung, saat proses belajar mengajar berlangsung nampak dari perilaku dan sikap peserta didik sulit melawan rasa kejenuhan terhadap pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) seperti seringnya keluar masuk kelas dengan alasan ke toilet padahal ke kantin, mengantuk, dan sikap lainnya. Perumusan masalah dalam penelitan ini adalah pengaruh model pembelajaran Mastery Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pasaman. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Ekspositori pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah Negeri hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model Mastery Learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Mastery Learning terhadap mata pelajaran SKI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasaman. Peneliti menggnakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu). Desain penelitian menggunakan Pretest-Postets Control Group Design artinya peneliti menggunakan dua kelas sampel yaitu kelas kontrol (XI F6) dan kelas eksperimen (XI F9). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Tingkat Kesukaran Soal, dan Uji Daya Beda Soal serta Uji Hipotesis yang diuji menggunakan program Ms. Excel dan SPSS for Windows Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, hasil belajar kelas kontrol yang menerapkan Model Ekspositori memiliki rata-rata rendah 70,35 yang artinya Model Pembelajaran Ekspositori tidak berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Kedua, hasil belajar kelas eksperimen yang menerapkan Model Pembelajaran Mastery Learning memiliki rata-rata hasil belajar cukup tinggi 81,06 yang artinya model pembelajaran Mastery Learning sangat menarik perhatian peserta didik sehingga lebih aktif dalam pembelajaran. Ketiga, hasil uji yang dilakukan pada software SPSS versi 26 maka diperoleh sig α < 0,05 yaitu 0,000 artinya 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, dan thitung > ttabel yaitu 21,520 > 1,999 Ha menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Mastery Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas XI fase F di MAN 1 Pasaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mastery Learning, Hasil Belajar
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:58
Last Modified: 04 Sep 2024 06:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22847

Actions (login required)

View Item View Item