Hilda, Gusna (2024) Pengaruh Penggunaan Media Kantong Bilangan pada Pembelajaran Matematika Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas I SDN 02 Koto Balingka Kab. Pasaman Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Gusna Hilda. NIM 1914070004. COVER-DAFTAR ISI)
Gusna Hilda. NIM 1914070004. COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (615kB) |
|
Text (Gusna Hilda. NIM 1914070004. BAB 1)
Gusna Hilda. NIM 1914070004. BAB 1.pdf - Published Version Download (661kB) |
|
Text (Gusna Hilda. NIM 1914070004. BAB 3)
Gusna Hilda. NIM 1914070004. BAB 3.pdf - Published Version Download (617kB) |
|
Text (Gusna Hilda. NIM 1914070004. BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
Gusna Hilda. NIM 1914070004. BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (437kB) |
|
Text (Gusna Hilda. NIM 1914070004. Fulltekt)
Gusna Hilda. NIM 1914070004. Fulltekt.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika peserta didik. Hal ini karena penggunaan media sebagai salah satu alat pembelajaran pendidik masih sangat jarang digunakan disekolah khususnya pada pembelajaran matematika yang berkaitan dengan banyak angka. Pendidik menjelaskan materi menggunakan buku cetak pegangan pendidik dan peserta didik, hal tersebut menyebabkan peserta didik tidak berkonsentrasi dalam pembelajaran dan berdampak kepada pemahaman konsep peserta didik yang masih rendah. Hal ini terlihat dari pencapaian kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan media kantong bilangan dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu pertama, untuk mengetahui pengaruh media kantong bilangan terhadap pemahaman konsep peserta didik. Kedua, untuk mengetahui adanya perbedaan dengan menggunakan media kantong bilangan dan menggunakan mediakartu berhitung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan quasi eksperimental desain.Desain penelitian ini menggunakan Posttest-only control grup design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas I A dan B yang masing-masing kelas berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS Versi 20 dan Ms. Excel. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal tersebut terlihat pada nilai tertinggi yang didapatkan peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 100 dan nilai terendah kelas eksperimen yaitu 60, sedangkan pada kelas kontrol peserta didik mendapatkan nilai tertingi yaitu 90 dan nilai terendah kelas kontrol yaitu 50. Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen 80.38 sedangkan pada kelas kontrol 71.53. Dapat diartikan bahwa pemahaman konsep peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan pemahaman konsep peserta didik kelas kontrol
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep, Kantong Bilangan |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 07:38 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 07:38 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22826 |
Actions (login required)
View Item |