Pengaruh Strategi Direcetd Reading Thinking Activity Terhadap keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV MIN 6 Kota Padang

Fitri, Annisa (2024) Pengaruh Strategi Direcetd Reading Thinking Activity Terhadap keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV MIN 6 Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover-Daftar isi)
COVER-DAFTAR ISI (1).pdf - Published Version

Download (691kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (517kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (812kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V- DAPUS.pdf - Published Version

Download (478kB)
[img] Text (FULL TEXT)
NISA FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul "Pengaruh Strategi Direceted Reading Thinking Activity terhadap keterampilan membaca pemahaman Peserta Didik Kelas IV MIN 6 Padang” ditulis oleh Annisa Fitri NIM 2014070103 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MIN 6 Padang, diantaranya strategi pembelajaran yang digunakan pendidik kurang bervariasi, pembelajaran lebih cenderung berpusat pada pendidik (teacher center) sehingga peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, ketika membaca sebuah bacaan peserta didik hanya sekedar membaca tanpa memahami isi dari bacaan, peserta didik tidak mampu menyatakan ulang isi dari bacaan yang sudah dibaca serta rendahnya minat baca peserta didik akan berpengaruh pada tingkat pemahaman peserta didik terhadap suatu isi bacaan. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menerapkan Strategi Direceted Reading Thinking Activity dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control group desaign. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas IV MIN 6 Padang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini total sampling. Kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes essay. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan melakukan T-test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 84.74 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol 73.19. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis dengan t-Test, diketahui nilai thitung 4.06 > ttabel 2,01. Maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, yang artinya “Penerapan strategi Directed Reading thinking activity dapat memberikan keterampilan membaca pemahaman yang lebih baik bagi peserta didik kelas IV MIN 6 Padang”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Strategi Direcetd Reading Thinking Activity
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:04
Last Modified: 04 Sep 2024 07:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22821

Actions (login required)

View Item View Item