Fadhillah, Isnaini ibna (2024) Upaya Guru PAI dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Islami pada Peserta Didik di SMP N 2 Gunung Talang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-Daftar Pustaka)
Isnaini Ibna Fadhillah NIM. 2014010031. Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version Download (716kB) |
|
Text (BAB I)
Text Isnaini Ibna Fadhillah NIM 2014010031. BAB. 1 (1).pdf - Published Version Download (401kB) |
|
Text (BAB III)
Isnaini Ibna Fadhillah NIM. 2014010031. BAB III.pdf - Published Version Download (128kB) |
|
Text (BAB V)
Isnaini Ibna Fadhillah NIM. 2014010031 BAB V.pdf - Published Version Download (200kB) |
|
Text (Full Text)
Isnaini Ibna Fadhillah NIM. 2014010031 Full Taxt.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah masih kurangnya penerapan karakter religius , jujur, disiplin, tanggung jawab dan peduli sosial peserta didik hal ini terlihat saat kegiatan pembelajaran kurangnya kesadaran dari diri peserta didik untuk membaca doa masih ada yang meribut saat kegiatan belajar dan kegiatan keagamaan dan masih di temukan peserta didik yang duduk di kantin saat pelaksanaan shalat zuhur berjamaah. Sehingga dengan adanya guru PAI diharapkan dapat memberikan teladan dan pembiasaan kepada peserta didik. Karena guru PAI memiliki andil yang besar dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islami peserta didiknya. Guru memiliki posisi strategis untuk pelaku utama. Sikap dan perilaku guru akan membekas dalam dirinya menjadi cermin peserta didik dan guru memiliki tanggung jawab menghasilkan generasi yang berkarakter, berbudaya dan bermoral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islami peserta didik di SMP N 2 Gunung Talang, untuk mengetahui tantangan guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islami Pada Peserta Didik di SMP N 2 Gunung Talang dan untuk mengetahui dampak upaya guru PAI dalam menanamkan nilai karakter Islami. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Jenis penelitian ini adalah Field Reaseartch yaitu penelitian yang mengharuskan peneliti berangkat kelapangan untuk mengadakan pengamatan untuk suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Sumber data yang di gunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu induksi data melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islami di dalam pembelajaran di SMP N 2 Gunung Talang meliputi guru mengintegrasikan nilai karakter Islami dalam pembelajaran, guru menggunakan metode pembelajara aktif, guru menggunakan keteladanan, pembiasaan dan pemberian reward dan hukuman, guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islami peserta didik dengan kegiatan ekstrakurikuler berbasis agama seperti tahfiz, infak, kegiatan hari besar Islam, kegiatan forum annisa’ dan arrijal. Adapun tantangan guru PAI dalam menanamkan nilai karakter Islam adalah kurangnya dukungan keluarga, pengaruh lingkungan sosial dan keterbatasan waktu dan kurikulum. Dan dampak upaya penanaman Islami berupa peningkatan kedisilinan, peniningkatan sikap toleransi dan kepedulian dan perubahan perilaku seperti peserta menunjukkan perubahan perilaku yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya guru PAI, Menanamkan nilai-nilai karakter Islami |
Subjects: | Tajuk Subjek > Bahasa Tajuk Subjek > Bahasa > Bahasa Indonesia Tajuk Subjek > Bahasa > Bahasa Inggris |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 07:43 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 07:43 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22820 |
Actions (login required)
View Item |