Kesiapan Guru terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMP Negeri 1 Batang Anai

Irawan, Ade (2024) Kesiapan Guru terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMP Negeri 1 Batang Anai. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Cover - Daftar Isi Ade Irawan.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Ade Irawan.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Ade Irawan.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
BAB V - Daftar Pustaka Ade Irawan.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI FULL ADE IRAWAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Kesiapan Guru terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMP Negeri 1 Batang Anai”. Ditulis oleh Ade Irawan nim. 2014090084 Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesempatan dan sumber belajar kurang memadai, lemahnya penguasaan teknologi informasi oleh guru, guru kurang mampu dalam membuat atau merancang modul ajar dan guru masih menggunakan sistem pembelajaran lama serta kurangnya pengalaman terhadap kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kesiapan Guru terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMP Negeri 1 Batang Anai. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Batang Anai, Kec. Batang Anai, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara (sebagai data utama) dan studi dokumen (sebagai data penunjang). Informan dalam penelitian ini adalah Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMP Negeri 1 Batang Anai. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Kesiapan Guru terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMP Negeri 1 Batang Anai dapat dilihat dari: (1) Guru berusaha memaparkan dengan maksimal terkait pemahaman tentang struktur kurikulum merdeka mulai dari pemahaman konsep, tujuan, mekanisme, dan struktur penerapan kurikulum merdeka; (2) Guru mempelajari lebih lanjut terkait persiapan dan perencanaan proses pembelajaran; (3) Tahap proses pembelajaran, guru telah melaksanakan proses pembelajaran kurikulum merdeka sesuai dengan arahan pemerintah; (4) Guru melaksanakan asesmen awal, formatif dan sumatif serta mengolah penilaian tersebut untuk melihat ketercapaian pembelajaran serta dijadikan sebagai bahan evaluasi. Kata Kunci: Kesiapan Guru, Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Guru, Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Sep 2024 05:04
Last Modified: 04 Sep 2024 05:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22792

Actions (login required)

View Item View Item