Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup dan Religiusitas terhadap Keputusan Berhutang serta Materialisme sebagai Variabel Intervening pada Ibu-Ibu Majlis Ta`lim di Kota Padang

Reski, Muhammad (2024) Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup dan Religiusitas terhadap Keputusan Berhutang serta Materialisme sebagai Variabel Intervening pada Ibu-Ibu Majlis Ta`lim di Kota Padang. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
M. Reski.NIM 2220030012.COVER.pdf - Published Version

Download (869kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui determinan literasi keuangan, gaya hidup dan religiusitas dengan dimediasi oleh Materialisme terhadap perilaku berhutang pada Ibu-ibu Majlis Ta`lim di Kota Padang. Jenis peneliian ini kuantitatif, kuesioner penelitian dibagikan kepada 160 ibu-ibu majlis ta`lim. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis SEM-PLS untuk menganalisis hubungan antara literasi keuangan, gaya hidup dan religiusitas, untuk mengidentifikasi pengaruh terhadap perilaku berhutang melalui materialisme.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup dan materialisme berpengaruh positif dan signifikan dalam mempengaruhi prilaku berhutang. Sedangkan variabel literasi keuangan, religiusitas mempengaruhi prilaku berhutang namun tidak signifikan dan berpengaruh negatif dan tidak signifikan dalam mempengaruhi prilaku berhutang. Sementara itu secara umum variabel materialisme sudah optimal menjadi variabel mediasi antara variabel gaya hidup terhadap perilaku berhutang. Sedangkan literasi keuangan dan religiusitas tidak mampu di mediasi oleh materialisme terhadap perilaku berhutang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Religiusitas, Perilaku Berhutang, Materialisme
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:25
Last Modified: 02 Sep 2024 06:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22790

Actions (login required)

View Item View Item