Pembinaan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Kinerja di MTsN 9 Padang Pariaman

Caesar Ms, Febria (2024) Pembinaan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Kinerja di MTsN 9 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (692kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT FEBRIA)
SKRIPSI FULLTEXT FEBRIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pembinaan tenaga kependidikan merupakan usaha mendayagunakan, memajukan dan meningkatkan produktivitas kinerja setiap tenaga kependidikan yang ada di seluruh tingkatan manajemen organisasi dan jenjang pendidikan sekolah. Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh kurangnya kinerja tenaga kependidikan dalam menyelesaikan pekerjaan, pemerataan pembinaan tenaga kependidikan, ketidaksesuaian tugas dengan bidang tenaga kependidikan, serta pengelolaan administrasi belum maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut pembinaan tenaga kependidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan subjek penelitian yaitu kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, 2 orang tenaga kependidikan, 2 orang tenaga pendidik di MTsN 9 Padang Pariaman. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembinaan tenaga kependidikan sudah berjalan namun belum sepenuhnya sesuai dengan konsep indikator perencanaan pembinaan tenaga kependidikan ; 2) Pelaksanaan pembinaan tenaga kependidikan dilakukan dengan 2 cara, pertama pembinaan secara internal dilaksanakan dalam bentuk seminar, rapat, dan penegasan tugas, kedua pembinaan secara eksternal dalam bentuk pelatihan, workshop, lokakarya dan bimtek ; 3) Tindak lanjut pembinaan tenaga kependidikan dilakukan oleh kepala madrasah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum dengan bentuk adanya reward dan funishment. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kedepannya program pembinaan perlu dimaksimalkan sesuai dengan standar operasional prosedur dengan dukungan kuat dari tenaga kependidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Tenaga Kependidikan, Kinerja
Subjects: U Umum (General) > Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Sep 2024 04:55
Last Modified: 04 Sep 2024 04:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22783

Actions (login required)

View Item View Item