Pengembangan E-modul Interaktif berbasis Problem Bbased Learning Terhadap Kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik SMA/MA

Febrina, Ice (2024) Pengembangan E-modul Interaktif berbasis Problem Bbased Learning Terhadap Kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar isi)
Ice Febrina. NIM 2014080039 Cover-dftar isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
Ice Febrina. NIM 2014080039 BAB 1.pdf - Published Version

Download (795kB)
[img] Text (Bab 3)
Ice Febrina. NIM 2014080039 BAB 3.pdf - Published Version

Download (719kB)
[img] Text (Bab 5)
Ice Febrina. NIM 2014080039 BAB 5.pdf - Published Version

Download (522kB)
[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI FINAL ICE FEBRINA 2014080039.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan abad 21 mengharuskan peserta didik lebih aktif dan berpikir secara kritis dan kreatif. Hal ini disebabkan oleh belum tersedianya bahan ajar interaktif berbasis model pembelajaran yang mendukung terutama bagi peserta didik generasi sekarang yang terbiasa dengan teknologi dan konten yang lebih interaktif. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengembangkan e-modul interaktif berbasis problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengebangkan e-modul interaktif berbasis Problem Based Learning yang valid, praktis, efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Plomp yang meliputi tiga tahapan yaitu: penelitian pendahuluan (preliminary research), pengembangan prototipe (development prototype phase), dan tahap penilaian (assesment phase). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas, angket praktikalitas, dan uji efektifitas. Uji validitas produk diberikan kepada 3 orang validator ahli yang menilai kelayakan materi, kelayakan bahasa dan kelayakan konstruksi. Uji praktikalitas produk diberikan kepada 1 orang pendidik fisika dan 27 orang peserta didik fase F kelas fisika 1 SMAN 1 Kinali. Uji efektifitas diberikan kepada 27 orang peserta didik Fase F kelas Fisika 1 SMAN 1 Kinali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul fisika interaktif berbasis problem based learning sangat valid, sangat praktis, sangat efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Kevalidan e-modul tersebut mempunyai rata-rata 84% dari segi materi 80%, konstruksi 80%, dan bahasa 92% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan e-modul tersebut mempunyai nilai rata-rata 90,71% kategori sangat praktis, dari aspek pendidik mendapat 95% dan peserta didik 86,44%. Keefektivitasan e-modul mempunyai kategori sangat efektif, dengan rata-rata 85,27% dari indikator berpikir kritis 87,54% dan berpikir kreatif 83%. Dari hasil penelitian pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa e-modul fisika interaktif berbasis problem based learning memenuhi persyaratan dengan kualitas valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar pada SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Sep 2024 04:40
Last Modified: 04 Sep 2024 04:40
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22759

Actions (login required)

View Item View Item