Syafitri, Yunita (2024) Pengaruh Strategi Pembelajaran Learning Tournament Terhadap Keaktifan Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII di MTsN 1 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol (Padang).
Text (Cover-Daftar Isi)
coverrrrrr.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
2.4 revisi setelah sidang Yunita watermax 1.pdf - Published Version Download (329kB) |
|
Text (BAB III)
2.4 revisi setelah sidang Yunita watermax 3.pdf - Published Version Download (343kB) |
|
Text (BAB V)
2.4 revisi setelah sidang Yunita watermax 5.pdf - Published Version Download (136kB) |
|
Text (Full Text)
fulllll cover-dapus.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini yang berjudul “Pengaruh Strategi Pembelajaran Learning Tournament Terhadap Keaktifan Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII di MTsN 1 Pesisir Selatan” di susun oleh Yunita Syafitri, NIM. 2014090061, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Imam Bonjol Padang, 2024 M/ 1445 H. Penelitian dilatar belakangi oleh peserta didik yang masih kurang memperhatikan pendidik, masih ada sebagian dari peserta didik yang tidak aktif dalam proses pembelajaran, ketika pendidik mengajukan pertanyaan tentang materi kebanyakan peserta didik hanya diam, dan tidak berani untuk mengemukakan pendapatnya, tidak percaya diri tampil dalam bertanya. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS menggunakan strategi pembelajaran learning tournament. Tujuan penelitian ini (1) Untuk menguji gambaran hasil pre-test keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di MTsN 1 Pesisir Selatan sebelum menggunakan strategi learning tournament. (2) Untuk menguji gambaran hasil post-test keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di MTsN 1 Pesisir Selatan setelah menggunakan strategi learning tournament. (3) Untuk menguji pengaruh strategi learning tournament terhadap keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di MTsN 1 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dan desain penelitian yang digunakan dalam bentuk pre-eksprimental Design, yang mengaji tentang pengaruh strategi pembelajaran learning tournament di MTsN 1 Pesisir Selatan. Sesuai dengan penelitian tersebut maka penelitian menggunakan satu kelas yaitu one group pretest-posttest dimana kegiatan penelitian yang memberikan tes awal (pre-test) sebelum diberikan perlakuan pada sample, setelahnya diberi perlakuan stimulus pada strategi pembelajaran learning tornament Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Hasil pre-test keaktifan belajar diperoleh nilai rata-rata sebesar 122,063 termaksuk pada kategori rendah. 2) Hasil post-test keaktifan belajar diperoleh nilai rata-rata sebesar 129,469 termaksuk pada kategori tinggi. 3) Terdapat pengaruh strategi learning tournament terhadap keaktifan belajar. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan program IBS SPSS 20 didapatkan hasil analisis data yakni sig (2- tailed) sebesar 0,000 sebagai t hitung, kemudian dibandingkan dengan t tabel dengan tingkat signifikan 0,05, yakni < (t tabel kecil dari t hitung). Hasil data yang didapatkan adalah 0,000 < 0,05 (0,00 kecil dari 0,05) artinya terdapat pengaruh strategi learning tournament terhadap keaktifan belajar dalam pembelajaran IPS peserta didik di MTsN 1 Pesisir Selatan. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Learning Tournament, dan Keaktifan Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Learning Tournament, dan Keaktifan Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 04:04 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 04:04 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22757 |
Actions (login required)
View Item |