Penerapan Asas Equality Before the Law bagi Penyandang Disabilitas di Pengadilan Negeri Padang Kelas IA (Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 39 tahun 2020 tentang Akomodasi yang Layak untuk Penyandang Disabilitas dalam Proses Peradilan)

Fransiska, Fauzia (2024) Penerapan Asas Equality Before the Law bagi Penyandang Disabilitas di Pengadilan Negeri Padang Kelas IA (Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 39 tahun 2020 tentang Akomodasi yang Layak untuk Penyandang Disabilitas dalam Proses Peradilan). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dan Daftar Isi)
Cover Dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I (1).pdf - Published Version

Download (645kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (521kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (521kB)
[img] Text (Full Text Skripsi)
full text skripsi Fauzia Fransiska (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan berawal dari masih ditemukan bentuk ketidaksamaan di depan hukum bagi Penyandang Disabilitas dalam proses peradilan yakni terkait sarana, prasarana dalam menunjang kebutuhan penyandang disabilitas serta hak mereka menjadi saksi. Dalam penulisan skripsi ini terdapat 3 pertannyaan peneliti paparkan yaitu (1) apa kaitan prinsip equality before the law dengan penganturan hak penyandang disabilitas di indonesia?, (2) bagaimana Penerapan Asas Equality Before the Law bagi Penyandang Disabilitas di Pengadilan Negeri Padang Kelas IA sesuai dengan (Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 39 Tahun 2020 Tentang Akomodasi yang Layak untuk Penyandang Disabilitas dalam Proses Peradilan)?, (3) apa faktor pendukung dan faktor penghambat yang di hadapi di Pengadilan Negeri Padang Kelas IA dalam memenuhi asas equality before the law bagi penyandang disabilitas terhadap Peraturan Pemerintah No 39 tahun 2020?. Metode penelitian Kualitatif dengan teknik pengolahan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini (1) kaitan prinsip equality before the law dengan pengaturan hak penyandang disabilitas di indonesia tersebut ialah memberikan hak yang sama bagi mereka sesuai dengan peraturan undang-undang, dan bentuk ketidaksamaan terjadi terhadap Penyandang Disabilitas dalam proses peradilan disebabkan karena, Pertama lembaga peradilan yang bersangkutan tidak memahami esensi pelayanan public, Kedua instansi tidak memberikan sarana dan prasarana yang lengkap. (2) Penerapan asas equality before the law terkait sarana dan prasarana yang diberikan oleh pihak Pengadilan Negeri Padang Kelas IA dalam membantu menunjang kebutuhan penyandang disabilitas yang mencari keadilan telah terlaksana berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 39 Tahun 2020 tentang Akomodasi yang Layak untuk Penyandang Disabilitas dalam Proses Peradilan walaupun belum semaksimal mungkin, Pengadilan Negeri Padang Kelas IA juga memberikan hak penyandang disabilitas untuk menjadi saksi. (3) Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat yang di hadapi di Pengadilan Negeri Padang Kelas IA yaitu, faktor pendukung, menjadikan aturan tersebut sebagai pedoman dalam menunjang kebutuhan disabilitas, peran masyarakat, adanya anggaran dana yang di sediakan, faktor penghambat/kekurangan masih terdapat beberapa fasilitas yang belum lengkap dan perbaikan terhadap fasilitas yang sudah ada. Kata Kunci: Equality Before the Law, Penyandang Disabilitas, Peraturan Pemerintah, Pengadilan Negeri Padang, Akomodasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Equality Before the Law,Penyandang Disabilitas, Peraturan Pemerintah, Pengadilan Negeri Padang, Akomodasi
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Pengadilan Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 05 Sep 2024 08:12
Last Modified: 05 Sep 2024 08:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22752

Actions (login required)

View Item View Item