Pengembanagan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Pop Up Book Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV MIN 5 Pesisir Selatan

Hartina, Rani Juwita (2024) Pengembanagan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Pop Up Book Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV MIN 5 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - daftar Isi)
cover-daftar isi rani juwita.pdf - Published Version

Download (772kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I dicetak.pdf - Published Version

Download (668kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Cetak.pdf - Published Version

Download (773kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V oke.pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text (BAB FULL TEKS)
skripsi full teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Skripsi ini disusun oleh Rani Juwita Hartina NIM 2014070121 dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Pop Up Book Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Pembelajaran IPAS Kelas IV MIN 5 Pesisir Selatan”, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik terlebih pada mata pelajaran IPAS, salah satu penyebabnya adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Upaya dalam mengatasi masalah tersebut peneliti mengembangkan sebuah media Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahap, namun pada penelitian ini penulis hanya menggunakan 3 langkah pengembangan yaitu: (1) definisi (define), (2) desain (design), (3) Pengembangan (development). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket Validitas, Angket Praktikalitas. Uji Validitas diberikan kepada 3 orang validator ahli dinilai dari aspek materi, bahasa dan media. Uji Praktikalitas diberikan diberikan kepada satu orang pendidik dan 19 orang peserta didik kelas IVA dinilai dari aspek waktu dan kemudahan penggunaannya. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa media pop up book sangat valid dengan skor rata-rata 91,4%. Uji praktikalitas diperoleh dengan skor rata-rata sangat praktis. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop up book yang sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik di kelas IV MIN 5 Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, interakti Pop Up Book, Berpikir Kreatif
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:59
Last Modified: 04 Sep 2024 03:59
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22744

Actions (login required)

View Item View Item