Analisis Putusan Pengadilan Agama Tanjung Pati Nomor 77/Pdt.P/2023/PA.LK Tentang Penolakan Itsbat Nikah dan Pengessahan Anak

Fitri, Anisa (2024) Analisis Putusan Pengadilan Agama Tanjung Pati Nomor 77/Pdt.P/2023/PA.LK Tentang Penolakan Itsbat Nikah dan Pengessahan Anak. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (897kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (221kB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi karena adanya suatu permasalahan permohonan itsbat nikah yang tidak dikabulkan atau ditolak oleh hakim sedangkan pengesahan anaknya dikabulkan. Maka oleh karena itu, penulis dalam hal ini meneliti yaitu: 1). Pertimbangan Hakim dalam Penolakan Permohonan Itsbat Nikah dalam Putusan Nomor 77/Pdt.P/2023/PA.LK, 2). Pertimbangan Hakim dalam Pengabulan Pengesahan Anak dalam Putusan Nomor 77/Pdt.p/2023/PA.LK, 3). Analisis Putusan Nomor 77/Pdt.P/2023/ PA.LK. Di Pengadilan Agama Tanjung Pati. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian hukum normatif (normative law research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen atau bahan pustaka. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Pertama, Pertimbangan Hakim dalam menolak permohon itsbat nikah karena para pemohon menikah di bawah umur dan tidak mencatatkanya dan tidak melakukan dispensasi kawin sehingga perkawinan tersebut melanggar Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan Pasal 7 ayat 1”Batas minimal usia perkawinan bagi pria dan wanita adalah 19 tahun. Kedua, sedangkan dalam Pengabulan Pengesahan Anak majelis hakim mengabulkan pengesahan anak karena hak-hak dasar anak yang harus dilindungi sesuai dengan ketentuan Pasal 7 ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan pasal 55 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan. Ketiga, menurut pandangan penulis sebaiknya hakim mengabulkan permohonan itsbat nikah pasangan ini agar terealisasi prinsip kemanfaatan dan keadilan bagi anak yang disahkan, selama perkawinan tidak tercatat yang dilakukan pasangan ini sesuai dengan ketentuan syariat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Itsbat Nikah, Pengesahan Anak
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:12
Last Modified: 05 Sep 2024 03:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22743

Actions (login required)

View Item View Item