Sakti, Stevani Berlian (2024) Analisis Kepuasan Pengguna Fitur Shopeelive di Kota Padang Menggunakan Metode PIECES. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER)
Stevani Berlian Sakti. NIM 2017020016.cover.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
Stevani Berlian Sakti. NIM 2017020016. BAB I.pdf - Published Version Download (222kB) |
|
Text (BAB III)
Stevani Berlian Sakti. NIM 2017020016.BAB III.pdf - Published Version Download (343kB) |
|
Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
Stevani Berlian Sakti. NIM 2017020016. BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (251kB) |
|
Text (Fulltext)
Stevani Berlian Sakti. NIM 2017020016. Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Munculnya e-commerce di Indonesia memberikan efek persaingan yang sangat pesat. Proses jual beli telah berubah secara signifikan seiring waktu, mulai dari metode konvensional bertatap muka di mana penjual dan pembeli berinteraksi langsung, kemudian bertransisi ke platform e-commerce seperti Shopee, hingga saat ini berevolusi pada liveshopping salah satunya Shopeelive. Shopeelive menggabungkan e-commerce shoopee dengan interaksi real-time melalui siaran langsung. Dalam Shopeelive, penjual atau influencer melakukan siaran langsung yang memungkinkan pemirsa untuk berpartisipasi dalam transaksi secara langsung, mengajukan pertanyaan, dan bahkan membeli produk dalam waktu nyata. Namun pada saat ini belum diketahui bagaimana kepuasan pengguna fitur Shopeelive. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengguna fitur Shopeelive di Kota Padang menggunakan metode PIECES dengan 6 variabel yaitu performance, information, economy, control, efesiency, service. Penelitian ini melibatkan 113 responden yang aktif menggunakan fitur Shopeelive di Kota Padang pada kalangan Gen-Z. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner secara langsung maupun tidak langsung dengan jumlah 20 pertanyaan dan analisis inferensial menggunakan PLS-SEM untuk mmenguji hipotesis. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat lima faktor mempengaruhi kepuasan pengguna pada fitur shoopelive di Kota Padang, yaitu information, economy, control, efesiency, service. Sementara itu, faktor performance ditemukan tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna fitur Shopeelive. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja fitur Shopeelive pada aplikasi Shoope.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pengguna, Shopeelive, PIECES, PLS-SEM |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Prodi Sistem Informasi |
Depositing User: | Ruang Baca FST |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 06:23 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 06:23 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22725 |
Actions (login required)
View Item |