Hubungan Strategi Coping dengan Psychological Well Being pada Pedagang Fashion di Pasar Raya Padang

Amanda, Salmadera Putri (2024) Hubungan Strategi Coping dengan Psychological Well Being pada Pedagang Fashion di Pasar Raya Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
cover - daftar lampiran.pdf - Published Version

Download (902kB)
[img] Text (BAB I)
BAB (I).pdf - Published Version

Download (531kB)
[img] Text (BAB III)
BAB (III).pdf - Published Version

Download (696kB)
[img] Text (BAB V)
BAB (V-DAFTAR PUSTAKA).pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan bisnis online yang membuat banyak pedagang terkhusus pedagang di pasar konvensional mengalami sepi pelanggan dan penurunan omset karena hadirnya bisnis online ini. Sebagai sumber pendapatan utama, pedagang merasa khawatir dan cemas yang terjadi karenai rasa khawatir menurunnya tingkat penjualan, serta kurangnya penyesuaian diri dengan lingkungan baru yang berdampak terhadap kesejahteraan psikologis pada pedagang. Berdasarkan permasalahan yang terjadi peneliti ingin melihat adakah hubungan antara strategi coping dengan psychological well being pada pedagang fashion di Pasar Raya Padang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat strategi coping dan psychological well being dan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan strategi coping dengan psychological well being pada pedagang fashion di Pasar Raya Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 orang dan semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh atau sampling sensus, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan skala strategi coping dan skala psychological well being. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel strategi coping pada pedagang fashion di Pasar Raya Padang dikategorikan pada tingkat tinggi dengan presentase 63,3%, serta variabel psychological well being dikategorikan pada tingkat tinggi dengan presentase 75%. Selanjutnya hasil hipotesis antara strategi coping dengan psychological well being memperoleh niali sig.(p) = 0,015 dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,0312. Dan Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik strategi coping yang dimiliki oleh pedagang maka psychological well being yang dimiliki juga baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kata kunci: Strategi Coping, Psychological well being, Bisnis Online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi coping, psychological well being, bisnis online
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 04 Sep 2024 04:07
Last Modified: 04 Sep 2024 04:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22711

Actions (login required)

View Item View Item