Tinjauan 'Urf terhadap Tradisi Pambawoan dalam Walimatul 'Urs di Nagari Langgam Sepakat Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Utama, Fikril (2024) Tinjauan 'Urf terhadap Tradisi Pambawoan dalam Walimatul 'Urs di Nagari Langgam Sepakat Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
cover-daftar isi.pdf - Published Version

Download (570kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I watermak 1.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III watermak 1.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (Bab V-Daftar Pustaka)
BAB V watermak 1.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (Full Teks)
Skripsi FINAL Fikril Utama 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masyarakat Nagari Langgam Sepakat yang melaksanakan tradisi pambawoan pada praktek walimatul ‘urs, karena setiap orang yang mengadakan acara walimah di Nagari Langgam Sepakat harus ada pambawoan. Pambawoan merupakan hadiah yang diberikan oleh para tamu undangan kepada orang yang mengadakan acara walimatul ‘urs. Adapun yang menjadi pertanyaan dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana praktek tradisi pambawoan dalam walimatul ‘urs di Nagari Langgam Sepakat Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat?. Kedua, apa faktor penyebab adanya tradisi pambawoan dalam walimatul ‘urs di Nagari Langgam Sepakat Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat?. Ketiga, bagaimana pandangan ‘urf terhadap tradisi pambawoan dalam walimatul ‘urs di Nagari Langgam Sepakat Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat?. Untuk menjawab pertanyaan diatas dilakukan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara dengan teknik deskriptif analisis. Adapun kesimpulan dari penelitian ini: pertama, praktek pambawoan yang dilakukan di Nagari Langgam Sepakat dengan membawa buah tangan sebagai hadiah kepada pihak yang melaksanakan walimatul ‘urs. Kedua, faktor penyebab tradisi pambawoan dalam walimatul ‘urs di Nagari Langgam Sepakat, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, suku Minangkabau, dipengaruhi oleh faktor sosial ekonomi dan sosial budaya. Ketiga, tinjauan ‘urf terhadap tradisi pambawoan dalam walimatul ‘urs di Nagari Langgam Sepakat, dapat dipahami bahwa tradisi pambawoan termasuk dalam kategori ‘urf shahih istilah dalam hukum Islam yang merujuk pada kebiasaan atau adat istiadat yang dianggap sah dan tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah karena memberikan kemaslahatan yang signifikan dalam konteks sosial. Kata kunci: Walimatul ‘Urs, tradisi Pambawoan, ‘Urf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Walimatul ‘Urs, tradisi Pambawoan, ‘Urf.
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 08 Sep 2024 01:02
Last Modified: 08 Sep 2024 01:02
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22695

Actions (login required)

View Item View Item