Analisis Kesiapan Pendidik dalam Pengimplementasian Kurikulum Merdeka di Kelas V MIN Kota Solok

Refni Maulana, Tri Mutia (2024) Analisis Kesiapan Pendidik dalam Pengimplementasian Kurikulum Merdeka di Kelas V MIN Kota Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
COVER_-_DAFTAR_ISI[1].pdf - Published Version

Download (463kB)
[img] Text (BAB I)
BAB_I[1].pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (BAB III)
BAB_III[1].pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
File_BAB_V_dan_Daftar_Pustaka[1].pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Text (Full Text)
File_Full_Text[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Analisis Kesiapan Pendidik Dalam Pengimplementasian Kurikulum Merdeka di Kelas V MIN Kota Solok “. Ditulis oleh Mutia Tri Maulana Refni, NIM.2014070113. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru dalam pengimplementasian kurikulum merdeka di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini memberikan gambaran terkait apa saja yang dilakukan dan dipersiapkan oleh guru selama proses implementasi kurikulum merdeka di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Penelitian ini dilaksanakan di MIN Kota Solok. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Kualitatif Fenomenologi menjadi jenis pendekatan yang dipilih dalam penelitian ini. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pendidik kelas V MIN Kota Solok. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan pendidik di MIN Kota S v olok dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka dapat dilihat dari 1. Pemahaman mengenai struktur kurikulum,tujuan, mekanisme kurikulum merdeka, 2. Pemahaman pada tahap perencanaan, pendidik menyiapkan dokumen-dokumen sebelum memulai pembelajaran, 3. Pelaksanaan kurikulum merdeka, dalam tahapan ini tentu sudah ada kesiapan yang dilakukan terutama mengacu kepada Projek Pelajar Pancasila, 4. Tahapan penilaian, pendidik melakukan asesmen diagnostig terlebih dahulu dan juga asesmen Formatif dan Sumatif. Berdasarkan hasil penelitian pendidik kelas V sudah berusaha semaksimal mungkin dalam mempersiapkan implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memiliki manfaat bagi peneliti selanjutnya dan menjadi referensi bagi pendidik dan sekolah lainya dalam implementasi kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan, Kurikulum Merdeka
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:34
Last Modified: 04 Sep 2024 03:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22678

Actions (login required)

View Item View Item