PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE BERBANTUAN APLIKASI CROSSWORD LABS TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 1 IV KOTO AUR MALINTANG

Alis, Ikhtisyah Hayati (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE BERBANTUAN APLIKASI CROSSWORD LABS TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 1 IV KOTO AUR MALINTANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER_DAFTAR LAMPIRAN)
COVER_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (713kB)
[img] Text (BAB V-Dafus)
BAB V-Dafus.pdf - Published Version

Download (691kB)
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP REPOSITORY)
SKRIPSI LENGKAP REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle berbantuan Aplikasi Crossword Labs Terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial” disusun oleh Ikhtisyah Hayati Alis Nim. 2014090042 Program Studi Tadris IPS Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang tahun 1446 H/ 2024 M. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dalam pembelajaran tersebut sudah baik, namun hasil belajar kurang memuaskan karena media pembelajaaran yang digunakan kurang tepat, maka membuat peserta didik mengantuk disaat pendidik menjelaskan materi dan tidak lagi memperhatikan pelajaran dan respon peserta didik masih rendah. Penelitian ini hanya melibatkan satu kelas yang akan dijadikan kelas eksperimen. Desain yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 1 IV Koto Aur Malintang Tahun Ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random sampling. Berdasarkan teknik pengambilan sampel diperoleh kelas VII sebagai kelas eksperimen. Teknik yang digunakan dalam menguji hipotesis menggunakan uji-t Paired samples t test dengan data yang terdistribusi normal. Berdasarkan klasifikasi hasil pre-test kelas eksperimen, dapat dikatakan bahwa gambaran hasil pre-test hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 IV Koto Aur Malintang pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial didapatkan mean sebesar 58,58 dan post-test 80,92. Analisis data dilakukan menggunakan Uji-t dengan SPSS versi 20. Berdasarkan analisis Uji-t diketahui sig (2-tailed) yakni (0,000<0,05) hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Crossword Puzzle terhadap hasil belajar peserta didik pada Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 IV Koto Aur Malintang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Crossword Puzzle dan hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:21
Last Modified: 04 Sep 2024 03:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22672

Actions (login required)

View Item View Item