Analisis Kepatuhan Syariah (Syariah Compliance) Produk Pembiayaan Mikro Kur Di Bank Syariah Indonesia “Studi Kasus Bsi Kcp Pasaman Barat Sudirman”

Mubarok, Husni (2024) Analisis Kepatuhan Syariah (Syariah Compliance) Produk Pembiayaan Mikro Kur Di Bank Syariah Indonesia “Studi Kasus Bsi Kcp Pasaman Barat Sudirman”. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER- DAFTAR ISI)
HUSNI MUBAROK NIM 2016050031 COVER- DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (933kB)
[img] Text (BAB I)
HUSNI MUBAROK NIM 2016050031 BAB I.pdf - Published Version

Download (327kB)
[img] Text (BAB II)
HUSNI MUBAROK NIM 2016050031 BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text (BAB III)
HUSNI MUBAROK NIM 2016050031 BAB III.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (BAB IV)
HUSNI MUBAROK NIM 2016050031 BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text (BAB V)
HUSNI MUBAROK NIM 2016050031 BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text (FULL TEXT)
HUSNI MUBAROK 2016050031 FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Kepatuhan Syariah (Syariah Compliance) Produk Pembiayaan Mikro KUR Di Bank Syariah Indonesia “Studi Kasus BSI KCP Pasaman Barat Sudirman’’ disusun oleh Husni Mubarok 2016050031 Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya kalangan masyarakat khususnya di Pasaman Barat yang masih meragukan dan menganggap bahwa produk pembiayaan yang ada di perbankan syariah sama dengan bank konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kepatuhan syariah (syariah compliance) terhadap produk pembiayaan mikro KUR yang dilaksanakan oleh BSI KCP Pasaman Barat Sudirman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kepatuhan syariah (syariah compliance) terhadap produk pembiayaan mikro KUR yang dilaksanakan oleh BSI KCP Pasaman Barat Sudirman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan obsesvasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan mekanisme pembiayaan mikro KUR di Bank Syariah Indonesia KCP Pasaman Barat Sudirman dalam memberikan pembiayaan mikro KUR sudah sesuai dengan SOP yang ditetapkan oleh Bank Syariah Indonesia. Kepatuhan syariah (syariah compliance) produk pembiayaan mikro KUR di Bank Syariah Indonesia KCP Pasaman Barat Sudirman yaitu syariah compliance pada akad pembiayaan belum sepenuhnya terpenuhi, karena penerapan akad murabahah bil wakalah pada pembiayaan mikro KUR dilakukan secara bersamaan dalam satu waktu, kemudian pada produk pembiayaan dan akuntansi syariah sudah sesuai dengan prinsip syariah, budaya perusahaan pada pembiayaan KUR sudah sesuai dengan prinsip syariah dan budaya islami yaitu shiddiq, istiqomah, fathanah, amanah, dan tabliq, mengenai dana dan bisnis usaha juga sudah sesuai dengan prinsip syariah karena sumber dana dan bisnis usaha yang dibiayai jelas kehalalannya dan tidak bertentangan dengan prinsip syariah. Kata Kunci: Sharia Compliance, Pembiayaan KUR

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:11
Last Modified: 04 Sep 2024 03:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22671

Actions (login required)

View Item View Item