Difusi Inovasi Rumah Tangga Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Nagari Ujung Gading Kec.Lembah Melintang Kab.Pasaman Barat

Pasira, Erra (2024) Difusi Inovasi Rumah Tangga Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Nagari Ujung Gading Kec.Lembah Melintang Kab.Pasaman Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Cover-Daftar isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (449kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (692kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (435kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “ Difusi Inovasi Rumah Tangga Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Di Nagari Ujung Gading Kec.Lembah Melintang Kab.Pasaman Barat” disusun oleh Erra Pasira, NIM.2016010029 Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya meminimalisir penyelewengan dana yang sering terjadi diberikan oleh pemerintah sebagai bentuk bantuan untuk menurunkan angka kemiskinan. penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh difusi inovasi rumah tangga memberikan keuntungan relatif bagi penerima BPNT (2) Untuk mengetahui pengaruh difusi inovasi rumah tangga memberikan kesesuaian bagi penerima BPNT (3) Untuk mengetahui pengaruh difusi inovasi rumah tangga memberikan kerumitan bagi penerima BPNT. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan studi lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, uji T, koefisien determinasi yang pengolahan datanya menggunakan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Difusi inovasi rumah tangga keuntungan relative berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebutuhan bahan pangan dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Nagari Ujung Gading Kec.Lemah Melintang Kab.Pasaman Barat dengan nilai thitung 2,850 > ttabel 1,983 dengan tingkat signifikan keuntungan relatif sebesar 0,008 < α 0,05. (2) Difusi inovasi rumah tangga kesesuaian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebutuhan bahan pangan dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Nagari Ujung Gading Kec.Lemah Melintang Kab.Pasaman Barat dengan nilai thitung 2,203 > ttabel 1,983 dengan tingkat signifikan kesesuaian sebesar 0,040 < α 0,05. (3) Difusi inovasi rumah tangga kerumitan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kebutuhan bahan pangan dalam program Bantuan Pangan Non Tunai BPNT di Nagari Ujung Gading Kec.Lemah Melintang Kab.Pasaman Barat dengan nilai thitung -553 < ttabel 1,983 dengan tingkat signifikan kerumitan sebesar 0,581 > α 0,05. penelitian ini menemukan bahwa difusi inovasi rumah tangga penerima BPNT di Nagari Ujung Gading Kec. Lembah Melintang Kab.Pasaman Barat penting dilakukan untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keuntungan Relatif, Kesesuaian, Kerumitan, Kebutuhan Bahan Pangan BPNT.
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 05 Sep 2024 07:30
Last Modified: 05 Sep 2024 07:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22637

Actions (login required)

View Item View Item