Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah (GSL) Terhadap Minat Baca Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di MTsN 2 Solok

Khairah, Miftahul (2024) Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah (GSL) Terhadap Minat Baca Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di MTsN 2 Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover-daftar isi)
cover-daftar isi.pdf - Published Version

Download (855kB)
[img] Text (bab 1)
skripsi bab 1 miftahul khairah.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (bab 3)
bab 3 skripsi miftahul khairah.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (bab 5-dafus)
hasil-daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (447kB)
[img] Text (skripsi lengkap)
Skripsi Lengkap Repository.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Terhadap Minat Baca Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di MTsN 2 Solok”, ditulis oleh Miftahul Khairah NIM. 2014090059 Program Studi Tadris IPS, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Peneltian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap program Gerakan literasi sekolah (GLS) yang ada di MTsN 2 Solok yang memiliki pengaruh terhadap minat membaca peserta didik. Kemampuan dalam literasi memberikan peluang bagi peserta didik untuk mengasah kemampuan peserta didik terutama dalam bidang membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program gerakan literasi sekolah (GLS) terhadap minat baca peserta didik dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTsN 2 Solok, tahapan-tahapan dalam pelaksanaan program gerakan literasi (GLS) sekolah terhadap minat baca peserta didik dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTsN 2 Solok, dan juga mengetahui faktor pendorong dan faktor penghamba pelaksaanaan program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca peserta didik dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTsN 2 Solok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan juga wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu trigulasi sumber yang digunakan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh melalui beerapa sumber terkait, trigulasi waktu, dan trigulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pelaksanaan program gerakan literasi sekolah (GLS) terhadap minat baca peserta didik dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTsN 2 Solok dilaksanakan dengan menggunkan berbagai tahapan yaitu: Tahap pembiasaan adalah membiasakan peserta didik untuk membaca buku baik itu buku pembelajaran ataupun buku Pendidikan lainnya selama 15 menit sebelum jam pembelajaran dimulai, tahap pengembangan yaitunya dengan cara memberikan dorongan kepada peserta didik untuk menumbuhkan minat baca peserta didik, seperti didalam pemebelajaran IPS guru memberikan nilai plus kepada peserta didik yang paham dengan materi yang dibacanya, tahap pembiasaan dalam kelas yaitu guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk memahami materi kemudian guru memberikan pertanyaan terkait materi tersebut kepada peserta didik. Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan program Gerakan literasi sekolah yaitu kurang ketersediaan buku-buku untuk dibaca peserta didik, dan juga kurangnya minat membaca dari peserta didik. Faktor pendukung terlaksananya program litersi sekolah yaitu perpustakaan, pojok baca kelas, dan juga meding kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi, Minat Baca
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:01
Last Modified: 04 Sep 2024 03:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22634

Actions (login required)

View Item View Item